Awas, Ada Kue Lebaran Kedaluwarsa Masih Beredar

Awas, Ada Kue Lebaran Kedaluwarsa Masih Beredar
Awas, Ada Kue Lebaran Kedaluwarsa Masih Beredar

jpnn.com - JAKARTA--Masyarakat harus waspada dengan kue lebaran kadaluarsa yang dijual di pasaran. Terlebih menjelang Lebaran, banyak sekali kue kering dengan tampilan menggoda selera.

Seperti yang terpantau di sejumlah toko kue dan pasar tradisional kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan. Kue-kue kering mulai marak dijajakan. Jenisnya pun sangat beragam dengan harga berbeda-beda juga.

Sayangnya masih ada saja pedagang yang tega menjual kue kering kedaluwarsa. Ketahuan kedaluwarsa karena kemasannya baru dengan tanggal expire date baru juga. Anehnya kuenya tidak tampak baru.

Ada juga kue yang tidak bermerek dan tanggal kadaluarsanya tidak dicantumkan. Kue tanpa merek ini menurut pengakuan pedagangnya hanya titipin orang.

"Kami hanya menerima kue titipin orang saja. Ada yang mereknya dan ada yang tidak, tergantung pembeli mau pilih yang mana," kata Narto, pedagang kue dan bahan-bahan kue di pasar tradisional, Selasa (15/7).

Hanya saja meski dicantumkan merek dan tanggal kadaluarsanya, belum menjamin masyarakat membelinya. Seperti Ny Budi, yang juga pembuat kue kering. Dia merasa aneh melihat kue kering dengan tanggal kedaluwarsa baru namun tampilannya tidak seperti baru.

"Ini kue kalau baru kelihatan kok. Lihat ini, kalau baru kok kuenya agak hancur dan warnanya kusam," kata Ny Budi yang mengaku juga sering menerima pesanan kue lebaran, Selasa (15/7).

Perempuan paro baya ini lebih senang membuat kue sendiri ketimbang beli di toko kue. Pasalnya, banyak pedagang yang ingin cari keuntungan dengan menjual produk kedaluwarsa.

JAKARTA--Masyarakat harus waspada dengan kue lebaran kadaluarsa yang dijual di pasaran. Terlebih menjelang Lebaran, banyak sekali kue kering dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News