Awas, Ada Longsor Akibat Puting Beliung

Awas, Ada Longsor Akibat Puting Beliung
Longsor di jalan wisata. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, MOJOKERTO - Hujan deras disertai angin kencang,yang terjadi wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, menyebabkan terjadinya longsor di lereng Bukti Welirang, Kecamatan Trawas.

Akibatnya, sebagian jalan wisata itu tertutup meterial lumpur dan batu serta puluhan rumah rusak berat.

"Longsor bukit terjadi di dua titik di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Dua titik tersebut berada di perbatasan Kecamatan Trawas dan Kecamatan Pacet, tepatnya di Desa Cembor. Tumpukan material berupa tanah dan batu sempat menutup akses jalur wisata di dua kecamatan tersebut," kata M. Zaini, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto.

Peristiwa longsor ini terjadi ketika wilayah Kabupaten Mojokerto, diguyur hujan deras disertai angin kencang.

Material longsor yang menutup sebagian jalan ini sempat membuat akses jalur wisata tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

Sejumlah warga bersama relawan dan petugas BPBD Kabupaten Mojokerto, berusaha membersihkan sebagian material longsor yang sempat menutup jalur wisata Trawas dan Pacet, agar bisa dilewati lagi.

"Tidak hanya longsor, puluhan rumah di Kecamatan Pungging,Kabupaten Mojokerto juga mengalami rusak berat," imbuh Zaini.

Bahkan sebagian atap rumah ambruk, setelah disapu angin putting beliung. Akibat musibah ini, beberapa warga terpaksa mengungsi sementara.

Sementara itu, sejumlah relawan dan petugas BPBD Kabupaten Mojokerto berusaha memperbaiki rumah yang rusak serta memberikan bantuan terpal untuk menggantikan sementara atap rumah warga yang ambruk disapu angin putting beliung.(end/jpnn)


Bencana longsor di jalan wisata terjadi ketika diguyur hujan deras disertai angin kencang.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News