Awas! Inilah Wilayah Transmisi Lokal Virus Corona di Indonesia

Awas! Inilah Wilayah Transmisi Lokal Virus Corona di Indonesia
Ilustrasi Covid-19. Foto: diambil dari pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan merilis sejumlah wilayah transmisi lokal penyebaran virus corona di Indonesia.

Transmisi lokal berarti penyebaran virus penyebab COVID-19 itu tidak lagi dari masyarakat luar ke kota/kabupaten tersebut, tetapi sudah dari masyarakat ke masyarakat lokal.

Oleh karena itu, masyarakat di wilayah ini diimbau untuk tetap berada di rumah.

Dalam laman Kemenkes, infeksiemerging.kemkes.go.id, dituliskan wilayah tersebut ialah Sumatera Selatan (Kota Prabumulih), DKI Jakarta, Jawa Barat (Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Depok).

Kemudian Jawa Tengah (Kota Surakarta, Kota Semarang), Jawa Timur (Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Magetan, Kota Surabaya).

Selanjutnya, Banten (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan), Kalimantan Barat (Kota Pontianak), Kalimantan Selatan (Kota Banjarmasin), Kalimantan Timur (Kota Balikpapan), Sulawesi Selatan (Kota Makassar) dan Sulawesi Tenggara (Kota Kendari).

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, dr. Rahminingrum, menyarankan kepada masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan tertularnya COVID-19 yang terjadi dari orang ke orang.

"Di rumah saja dan sebisa mungkin menghindari kontak manusia dengan manusia," katanya saat dikonfirmasi Antara, Senin (6/4).

Di wilayah transmisi lokal virus corona ini, masyarakat diminta lebih waspada, sebisa mungkin menghindari kontak dengan orang lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News