Awas! Mantan Pejuang ISIS Bisa Menjadi Bom Waktu

Awas! Mantan Pejuang ISIS Bisa Menjadi Bom Waktu
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Kekhawatiran muncul jika warga negara Indonesia yang pernah berjuang dengan Islamic State of Iraq and Syria, kembali ke tanah air kemudian menularkan ajaran-ajaran yang didapat. 

Hal itu bisa menjadi bom waktu yang dapat menyebabkan berkembangnya aliran ISIS. "Itu yang kita khawatirkan," tegas Tim Ahli Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Wawan Hari Purwanto, kepada JPNN, Rabu (11/3) malam.

Wawan mencontohkan, " Dulu saudara-saudara kita yang bergabung dengan Taliban, pulang seperti itu. Begitu juga yang dulu ke Mindanao (Filipina). Pengaruh itu pasti ada," bebernya.

Namun demikian, tak sedikit yang sudah pernah berangkat ke Irak dan Syria bergabung ISIS kecewa dan memutuskan pulang ke tanah air.

Menurut Wawan, hal ini juga harus menjadi salah satu pertimbangan sebelum berangkat gabung ISIS. "Hati-hati dengan iming-iming besar seperti itu, nanti dikecewakan. Perlu sikap kritis, supaya tidak salah memahami sesuatu," katanya.

Wawan menduga, alasan WNI gabung ISIS karena selain menganggap sebagai medan jihad juga karena motif ekonomi. Seperti gaji puluhan juta, diberi uang saku dan tiket keberangkatan, hingga peluang untuk berbisnis.

"Sekarang ini, kita ingin supaya mereka kembali  karena kalau tidak efeknya bisa meluas dan melebar," tuntasnya. (boy/jpnn)


JAKARTA - Kekhawatiran muncul jika warga negara Indonesia yang pernah berjuang dengan Islamic State of Iraq and Syria, kembali ke tanah air kemudian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News