Awas Persib! Michael Essien Mulai Gampang Cedera

Awas Persib! Michael Essien Mulai Gampang Cedera
Michael Essien bersama pelatih dan manajemen Persib. Foto: Otto Sya'ban/simamaung

jpnn.com, BANDUNG - Bergabungnya mantan gelandang Chelsea Michael Essien ke Persib Bandung mendapat perhatian dari sejumlah pengamat sepak bola tanah air.

Salah satunya dari Akmal Marhalie. Dia berharap Persib tidak sia-sia merekrut pemain yang belakangan ini gampang cedera.

Menurut Akmal, pemain 34 tahun itu sudah jauh performanya dibanding saat di Chelsea dulu. "Tujuan Persib sebenarnya bagus karena mendatangkan pemain bintang untuk meningkatkan kualitas dan nilai jual klub sekaligus sepak bola Indonesia. Namun kelemahannya, tim-tim sepak bola Indonesia belum terlalu pintar melakukan tes kesehatan pemain. Nama besar, nama beken okelah, tapi kalau hasil tes kesehatan tak baik, untuk apa," katanya, saat dihubungi, Selasa (14/3) siang.

Dia mencontohkan dengan kedatangan eks striker Timnas U-21 Inggris sekaligus English Premier League, Marcus Bent, ke Mitra Kukar 2011 silam, kemudian Eric Djemba Djemba pada 2015 yang memperkuat Surabaya United.

Tapi, mereka tak maksimal dan tak bisa bermain total di kompetisi, karena kondisi fisiknya sudah menurun dan bermasalah dengan cedera kambuhannya.

"Ini yang dikhawatirkan, Essien digadang sebagai bintang untuk angkat sepak bola Indonesia, ternyata cuma main nggak lebih dari lima pertandingan. Karena Essien punya cedera bawaan kan," ungkapnya.

Memang, sebelum ke Indonesia Essien sempat ditolak klub dari Liga Swedia dan Liga Thailand. Dia dianggap tak layak karena dari sisi kebugaran, memiliki cedera yang kambuhan.

"Sisi baiknya angkat sepak bola Indonesia dan bisa ditiru tim lain yang berduit untuk mendatangkan pemain bintang ke Indonesia. Tapi, ya harus dilihat kualitas kesehatannya juga," papar dia. (dkk/jpnn)‎


Bergabungnya mantan gelandang Chelsea Michael Essien ke Persib Bandung mendapat perhatian dari sejumlah pengamat sepak bola tanah air.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News