Awas! Pilkada 2018 Rawan Hoaks

Awas! Pilkada 2018 Rawan Hoaks
Berita hoaks.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengingatkan pentingnya pengawasan penyebaran berita bohong atau hoaks lewat media sosial pada Pilkada 2018 yang digelar serentak di 171 daerah.

Terutama di 12 provinsi dari 17 provinsi yang menggelar pemilihan gubernur. Karena 12 provinsi tersebut tergolong tinggi dalam penggunaan media sosial.

"Pilkada tahun ini akan marak dengan penggunaan media sosial yang mengandung hoaks dan konten negatif," ujar Abhan pada penandatanganan nota kesepakatan tentang manajemen dan pengawasan konten internet dalam penyelenggaraan pilkada, dengan KPU dan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (31/1).

Selain di 12 provinsi, potensi penyebaran konten berita bohong dan negatif lewat media sosial juga rawan di 38 kabupaten/kota yang akan menggelar pemilihan bupati dan wali kota.

"Sebagian besar lainnya atau 63 daerah masuk kategori sedang. Potensial rawan terjadi ketegangan di sosial media terkait dengan isu-isu pilkada," ucapnya.

Abhan berharap, dengan adanya pengawasan penggunaan media sosial dalam pelaksanaan Pilkada 2018, para peserta dan masyarakat akan terlindungi. Karena pilkada sejatinya saluran bagi masyarakat untuk memilih pemimpin dan berpartisipasi dalam politik.

"Pilkada menjadi salah satu cara penguatan demokrasi. Karena itu, semua pihak berkewajiban untuk bersama-sama merawatnya dengan baik," pungkas Abhan. (gir/jpnn)


Selain di 12 provinsi, potensi penyebaran hoaks juga rawan di 38 kabupaten/kota yang akan menggelar pemilihan kepala daerah.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News