JPNN.com

Awas, Terlalu Banyak Makan Saat Buka Puasa Bikin Perut Tak Nyaman

Rabu, 08 Mei 2019 – 15:27 WIB Awas, Terlalu Banyak Makan Saat Buka Puasa Bikin Perut Tak Nyaman - JPNN.com
Ilustrasi perut. Foto: Pixabay.

jpnn.com - Bagi orang-orang yang menjalankan ibadah puasa Ramadan, setelah seharian menahan lapar dan dahaga, waktu berbuka puasa sangat dinantikan. Sayangnya, banyak orang-orang yang justru menjadi kalap dengan terlalu banyak makan. Akibatnya keluhan perut tak nyaman pun sering dirasakan.

Lalu, apa saja bahaya yang dapat timbul akibat terlalu banyak makan saat buka puasa?

Waspadai gangguan pencernaan

Menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, gangguan pencernaan adalah hal pertama yang akan dirasakan jika Anda terlalu banyak makan saat buka puasa.

Selama berpuasa, lambung istirahat. Jika saat berbuka puasa Anda langsung mengonsumsi makanan dalam porsi berlebih, maka lambung akan “terkejut”. Maka sistem pencernaan langsung bekerja dengan berat, sehingga menimbulkan rasa tak nyaman di perut seperti kembung, nyeri, mual, dan muntah.  

Sementara menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, makan berporsi besar saat buka puasa juga tak dianjurkan bagi penderita sakit mag. Jika buka puasa tak dimulai dengan porsi secukupnya, sangat berisiko mengakibatkan refluks atau naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat juga dapat membuat tubuh merasa lemas dan mengantuk setelahnya. Risiko lain yang bisa terjadi jika terlalu banyak makan saat buka puasa adalah kenaikan berat badan. Kondisi-kondisi tersebut tentu akan sangat mengganggu produktivitas Anda.

Makanan-makanan yang baik untuk buka puasa

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...