Awas, Virus iPhone Sudah Beredar

Awas, Virus iPhone Sudah Beredar
Foto : AFP
SYDNEY - Seorang pemuda Sydney, Australia, berusia 21 tahun mengklaim sebagai menjadi hacker pertama di dunia yang akan mengusili sistem gadget iPhone dengan virus. Virus tersebut akan disebarkan melalui sambungan telepon dan secara otomatis mengganti wallpaper handset dengan gambar artis pop tahun 80-an, Rick Astley, yang dikenal dengan hitsnya Never Gonna Give You Up.

Ashley Towns, si pemuda, menyatakan tindakannya hanya untuk mengangkat isu pengamanan dalam sebuah produk. "Apa yang saya lakukan menunjukkan bahwa iPhone bisa dengan mudah di-hack oleh siapapun," katanya seperti dikutip Daily Mail. "Virus ini akan menyerang orang-orang yang malas mengganti password mereka."

Rick Astley adalah nama populer yang biasa digunakan sebagai virus untuk menganggu pengguna komputer. Kasus serupa pernah terjadi di YouTube. Pengelola membiarkan adanya posting weblink  tentang fenomena 'Rickrolling'. Namun, ketika pengunjung mengklik weblink tersebut yang muncul adalah video Rick Astley sedang menyanyikan hits nya Never Gonna Give You Up.

Virus yang diciptakan Towns hanya bisa mengganggu iPhone yang sudah dikendorkan pengamannya atau 'jailbroken' oleh pemiliknya. Yakni, tindakan dari pemilik handphone  yang meng-install sejumlah aplikasi yang sebenarnya tidak diperbolehkan oleh Apple, produse iPhone.

SYDNEY - Seorang pemuda Sydney, Australia, berusia 21 tahun mengklaim sebagai menjadi hacker pertama di dunia yang akan mengusili sistem gadget iPhone

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News