Ayo ke Jogja, Ada 'Raja Melawan Arus'

Ayo ke Jogja, Ada 'Raja Melawan Arus'
Arief Yahya. Foto: JPNN

jpnn.com, YOGYAKARTA - Bagi Anda yang ingin mengisi long weekend tanggal 22-24 April 2017, cobalah liburan ke Jogja. Ada wisata menarik yang bisa Anda rasakan sensasinya di Kota Budaya ini.

Satu upacara adat yang sudah rutin digelar setiap tahun: Upacara Adat Merti Tumpeng Robyong. Lokasinya di bantaran Kali Code.

Anda bisa menikmati makan bersama dengan warga masyarakat. Karena, acara ini memang diisi dengan makan bersama atau dahar kembul.

"Ini semua sebagai wujud rasa syukur atas rahmat serta karunia Tuhan Yang Mahaesa selama ini," jelas Marsudi, Ketua Kampung Wisata Dewa Bronto, Jumat (14/4).

Merti Tumpeng Robyong merupakan upacara adat yang dulu berkembang di tengah-tengah masyarakat jawa. Makna kegiatan ini adalah gelaran adat yang berfungsi menjaga kebersamaan.

Prosesi upacara adat ini dilengkapi pula dengan atraksi budaya. Seorang Resi Sungai berdoa dengan tetembangan Jawa.

Dan prosesi diakhiri dengan menebar bibit ikan di Sungai Code yang mengalir di kawasan Kampung Wisata Dewa Bronto.

Pengelola Kampung Wisata Dewa Bronto selalu berupaya menggarap atraksi ini dengan tema. Tahun ini temanya "Raja Melawan Arus."

Bagi Anda yang ingin mengisi long weekend tanggal 22-24 April 2017, cobalah liburan ke Jogja. Ada wisata menarik yang bisa Anda rasakan sensasinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News