Ayo Nikmati Pemandangan Eksotis di Gunung Beruk dari Ketinggian Pohon Pinus

Ayo Nikmati Pemandangan Eksotis di Gunung Beruk dari Ketinggian Pohon Pinus
Keindahan Gunung Beruk saat dinikmati dari ketinggian pohon pinus. FOTO: Radar Ponorogo/jpnn.com

jpnn.com - PONOROGO - Banyak orang yang terkesan saat pertama memandang alam terbuka dari puncak Gunung Beruk, Desa Karangpatihan, Balong. Wisata alam di desa ujung barat kecamatan itu menyuguhkan pemandangan alam yang memesona. Bahkan, pengelola juga menambah area photo zone di pohon pinus yang menjulang tinggi di sisi selatan gunung.

''Kami terinspirasi wisata alam Kalibiru di Kabupaten Kulonprogo,'' kata Eko Mulyadi, Kades Karangpatihan, kemarin (27/12).

Wisata Gunung Beruk tergolong masih baru. Kawasan wisata itu baru dibuka sekitar tiga bulan lalu oleh masyarakat desa setempat. 

Meski demikian, saat weekend, jumlah pengunjung tembus angka 500 orang. Eko menambahkan, pesona Gunung Beruk cocok bagi penyuka hiking. Apalagi, ketinggian gunung yang hanya 721 meter di atas permukaan laut (mdpl) cukup mudah dijangkau. 

Pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit berjalan kaki dari lokasi parkir. Namun, tentu dibutuhkan sedikit perjuangan lantaran jalan menanjak. ''Kenapa harus jauh-jauh kalau di sini ada,'' terangnya.

Puncak Gunung Beruk berada di tengah perbukitan. Pengunjung seperti tepat berada di poros gunung. Pemandangan semakin menarik dengan terasering perkebunan warga yang berundak nan apik di sisi bukit yang mengelilingi itu. Banyak spot foto yang dapat dipilih pengunjung. 

Eko menambahkan, fenomena foto selfie yang kini membudaya menjadi salah satu ide pembuatan photo zone tersebut. Pengelola juga mendirikan gubuk sederhana untuk tempat istirahat pengunjung. Wisatawan juga tidak perlu takut kehausan. Sejumlah warung makanan dan minuman sudah berdiri di sana. 

''Kami juga menawarkan pemandangan sunrise di puncak bukit Bangkong yang tak jauh dari puncak Gunung Beruk,'' ungkapnya sembari menyebut bakal menambah arena outbound di lokasi itu.

PONOROGO - Banyak orang yang terkesan saat pertama memandang alam terbuka dari puncak Gunung Beruk, Desa Karangpatihan, Balong. Wisata alam di desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News