Usai Liburan, Ayo Rawat Mobil dengan Lima Langkah Mudah Ini!

Usai Liburan, Ayo Rawat Mobil dengan Lima Langkah Mudah Ini!
Usai Liburan, Ayo Rawat Mobil dengan Lima Langkah Mudah Ini!

jpnn.com - Setelah dipakai jalan-jalan saat liburan panjang kemarin, kini saatnya mobil dimanjakan. Tujuannya tentu agar kondisi tetap fit dan tidak rewel saat dipakai berkendara kembali. Apalagi, merawat mobil usai liburan cukup mudah, hanya dengan lima langkah saja. Bisa kok dilakukan sendiri di rumah. Berikut panduan dari Arifin Ali, mekanik Green Autocar Surabaya.

 

1. Cek Air Radiator

Keberadaan radiator yang mampu menetralisir panas mesin sangat vital bagi mobil. Karena itu segera cek air atau cairan radiator. Sebab, jika cairan di dalamnya kosong, tidak hanya menimbulkan kerusakan pada mesin, tetapi juga membahayakan penumpang mobil itu sendiri. Sebab, mesin bisa overheat.

Yang terpenting, isi radiator dengan air bersih. Kalau bisa air dalam kemasan. Atau, bisa juga mengisinya dengan cairan khusus radiator yang sudah banyak dijual di bengkel-bengkel terdekat.

 

2. Perhatikan Filter Karburasi

Setelah dipakai perjalanan jauh, saringan atau filter karburasi tentu kotor. Itu dapat mengakibatkan mobil susah untuk distater. Nah, membersihkan filter ini cukup mudah. Hanya menggunakan sikat gigi bekas saja untuk melepas kerak dan kotoran yang menempel pada saringan. Tapi ingat, jangan gunakan hairdryer atau compressor ya. Karena hal itu beresiko menimbulkan kerusakan pada lapisan filter.

Setelah dipakai jalan-jalan saat liburan panjang kemarin, kini saatnya mobil dimanjakan. Tujuannya tentu agar kondisi tetap fit dan tidak rewel saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News