Azis Syamsuddin Minta Pemda Sumut Proaktif Bantu Warga Korban Erupsi Sinabung

Azis Syamsuddin Minta Pemda Sumut Proaktif Bantu Warga Korban Erupsi Sinabung
Azis Syamsuddin. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin meminta pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota di Sumatera Utara, maupun pihak lainnya bertindak cepat membantu masyarakat yang terdampak Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

Azis mengimbau pihak berwenang khususnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dapat membagi konsentrasinya di tengah Covid-19 untuk segera membantu warga korban erupsi Gunung Sinabung.

"Saya meminta gubernur, bupati, aparat keamanan, BNPB dan stakeholder lainnya dapat segera membantu dan memberhentikan aktivitas warga dengan radius tertentu demi keselamatan jiwa mereka, terlebih di saat pandemi Covid-19," kata Azis kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/8).

Ia menambahkan, BNPB saat ini sedang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19.

Namun demikian, Azis meminta BNPB juga harus lebih mengutamakan tugas pokok dan fungsinya sebagai badan penanggulangan bencana.

"Jangan sampai BNPB lupa akan tupoksinya sendiri," tegasnya.

Wakil ketua umum Partai Golkar itu meminta masyarakat sekitar dapat mematuhi anjuran aparat keamanan bila memang perlu diungsikan agar terhindar dari abu vulkanik bila status siaga Gunung Sinabung meningkat.

"Jangan sampai ada warga yang bertahan di rumahnya karena harus menjaga ternak ataupun lahan. Jangan sampai ada korban jiwa dari erupsi Gunung Sinabung karena mempertahankan harta bendanya," ungkap Azis mengingatkan. (boy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Hari ini Gunung Sinabung di Sumatera Utara erupsi. Azis Syamsuddin minta pemda Sumut proaktif bantu warga korban erupsi.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News