JPNN.com

Azis Syamsuddin Puji Komitmen TNI Buru Prajurit Pembelot ke KKB

Dalami Siapa Orang Kuat di Belakang Paniel Kogoya

Rabu, 21 April 2021 – 12:10 WIB
Azis Syamsuddin Puji Komitmen TNI Buru Prajurit Pembelot ke KKB - JPNN.com
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengapresiasi SE terkait THR. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin mengapresiasi komitmen TNI yang terus melakukan pengejaran terhadap oknum prajurit yang membelot ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

DPR RI mendukung langkah TNI untuk terus melakukan pencarian terhadap oknum prajurit TNI berinisial LYM yang berpangkat terakhir pratu, dan merupakan anggota di Batalyon Infanteri 410/Alugoro, itu.

Pimpinan DPR RI bidang koordinasi politik, hukum, dan keamanan itu menambahkan komitmen TNI melakukan pengejaran dan penindakan sudah baik.

Terutama komitmen yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Ada beberapa pasal bisa dikenakan terhadap prajurit yang membelot apalagi tidak hadir tanpa izin selam 30 hari. TNI kita bisa memecat yang bersangkutan,” kata Azis Syamsuddin.

Kendati demikian, Azis mengatakan bahwa terungkapnya LYM salah satu prajurit yang membawa 70 butir amunisi beserta magasin saat kabur dari posnya pada Februari 2021, juga menjadi catatan bahwa pengaruh KKB dalam personel TNI cukup mengkhawatirkan.

“Ini baru satu oknum, bagaimana jika ada tiga atau empat prajurit yang terlibat," kata mantan ketua Komisi III DPR RI itu.

Menurut Azis, hal ini tentu harus menjadi evaluasi bagi institusi TNI AD. Terlebih, lanjut dia, prajurit tersebut juga tergolong masih muda, dan baru masuk ke kesatuan TNI pada 2015 lalu.

"Dari informasi yang saya dapat, usiannya baru 24 tahun, lahir dan besar di Wamena, dan ditempatkan setelah bertugas di salah satu Batalyon Infantri di Jawa Tengah,” kata wakil ketua umum Partai Golkar ini.

Dalami Penyuplai Senjata Api ke KKB

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...