Azwar Anas Ingin 7 Daerah di Timur Jawa Bersinergi, Caranya?

Azwar Anas Ingin 7 Daerah di Timur Jawa Bersinergi, Caranya?
Abdullah Azwar Anas. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JEMBER - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan pentingnya kolaborasi untuk mengembangkan potensi di setiap daerah. Anas ingin tujuh daerah di timur Jawa yakni Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, dan kabupaten serta kota Probolinggo harus saling mendukung dan berkembang bersama-sama.

”Garda depan pembangunan provinsi dan nasional itu ada di daerah, di kabupaten/kota. Biar maju bareng, perlu kolaborasi. Satu kabupaten dengan kabupaten lain saling dukung,” ujar Anas usai menghadiri rapat koordinasi Badan Perwakilan Wilayah (Baperwil) Jatim V di Jember, Jumat (3/11).

Baperwil Jatim V mengoordinasi pembangunan di tujuh wilayah tadi, Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo.

Anas mencontohkan, pemasaran wisata bersama. ”Bisa jadi wisatawan yang ingin berwisata ke Bondowoso, menginapnya di Jember. Setelah itu, beli oleh-oleh khas Banyuwangi, demikian juga sebaliknya. Kalau perlu ada event pariwisata bersama antardaerah. Jadi tidak jalan sendiri-sendiri,” papar Anas.

Di Banyuwangi, sambung Anas, kini sedang dibangun dermaga kapal pesiar di Pantai Boom yang ditargetkan rampung tahun depan. Di lokasi yang sama juga ada dermaga kapal katamaran yang langsung menghubungkan Banyuwangi-Benoa Bali dan sebaliknya, sehingga bisa mempersingkat waktu wisatawan.

”Nah ini perlu dimanfaatkan bersama. Wisata di Situbondo keren karena ada Taman Nasional Baluran, di Jember ada Pantai Papuma, di Bondowoso ada Kawah Wurung dan berbatasan dengan kami di Gunung Ijen, Lumajang ada Puncak B-29, dan Probolinggo ada Bromo. Satu paket pasti dahsyat, dengan gimmick tambahan seperti Museum Tembakau Jember, sentra tape Bondowoso, dan banyak lagi. Jadi dari daerah-daerah tersebut bisa lanjut ke Bali sebagai jantung utama wisata Indonesia,” ujar Anas.

Dalam hal konektivitas juga bisa dijalin. Misalnya, rute penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi yang kini hadir tiga kali sehari. ”Mari jadikan itu pengungkit kawasan timur Pulau Jawa ini,” ujarnya.

Contoh lainnya, ujar Anas, bisa dilakukan di bidang kesehatan. Daerah yang berdekatan bisa berkoordinasi tentang fasilitas rumah sakit dengan teknologi terkini yang membutuhkan biaya besar.

Azwar Anas menyampaikan pentingnya kolaborasi antara Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, serta Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News