Azyumardi Azra Meninggal Dunia, Tokoh Muhammadiyah Ini Merasa Kehilangan

Azyumardi Azra Meninggal Dunia, Tokoh Muhammadiyah Ini Merasa Kehilangan
Din Syamsuddin merasa kehilangan atas meninggalnya Prof Azyumardi Azra. Foto: ANTARA/Katriana

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin merasa kehilangan atas meninggalnya Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra.

Din mengenal mendiang Azyumardi adalah sosok cendekiawan muslim yang menebar hikmat kebijaksanaan.

"Kepergian almarhum merupakan kehilangan bagi Bangsa Indonesia dan dunia Islam," kata Din dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (18/9).

Din menyebut mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu selama ini telah menebar hikmah kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan bermanfaat bagi pembangunan peradaban, terutama di dunia Islam.

Menurut Din, Azyumardi adalah teman seangkatannya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saat masih bernama IAIN.

Mereka juga pernah duduk bersama di Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Selama itu saya mengenal almarhum sebagai sosok cendekiawan muslim yang berpegang teguh pada prinsip kebenaran, kejujuran dan keadilan, dan memiliki gairah tinggi untuk 'izzul Islam wal Muslimin'," ujar eks ketum MUI itu.

Din mengungkap sebelum Azyumardi Azra meninggal dunia, mereka sedang merancang peresmian World Fulcrum of Wasatiyyah Islam atau Poros Dunia Wasatiyyat Islam pada November 2022.

Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di Malaysia, Minggu (18/9). Din Syamsuddin merasa kehilangan atas kepergian ketua Dewan Pers itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News