Azzurri Bisa Sapu Bersih Gelar

Azzurri Bisa Sapu Bersih Gelar
Gelandang Italia, Andrea Pirlo. Foto: Getty Images
KIEV - Spanyol versus Italia di final Euro 2012 tidak hanya memperebutkan status tim terbaik. Persaingan penghargaan individu seperti pemain terbaik (bola emas) dan top scorer (sepatu emas) tak kalah prestise. Italia pun memiliki kesempatan menyapu bersih.

 

Untuk top scorer, striker Italia Mario Balotelli kini memuncaki daftar teratas dengan tiga gol bersama empat pemain lainnya. Kalaupun gagal menambah gol di final, Balotelli tetap menjadi pemenang bersama Cristiano Ronaldo (Portugal), Mario Gomez (Jerman), Alan Dzagoev (Rusia), dan Mario Mandzukic (Kroasia). Itu dengan syarat Cesc Fabregas, Xabi Alonso dan Fernando Torres di kubu yang sudah mengoleksi dua gol tak mencetak gol tambahan di final.

 

Sedangkan untuk pemain terbaik, Italia  mengedepankan gelandang veteran mereka, Andrea Pirlo. Sebagaimana dilansir Marca, Pirlo masuk nominasi bersama dua pemain Spanyol, kiper Iker Casillas dan gelandang serang Andres Iniesta. Sebagai catatan, pemain terbaik dipilih dari finalis.

 

Pirlo pun memiliki modal positif meraih pemain terbaik. Selama turnamen, pemain berjuluk si Arsitek itu sudah tiga kali terpilih sebagai man of the match. Antara lain saat menghadapi Kroasia di fase grup (14/6) dan beruntun di perempat final serta semifinal.

 

KIEV - Spanyol versus Italia di final Euro 2012 tidak hanya memperebutkan status tim terbaik. Persaingan penghargaan individu seperti pemain terbaik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News