Babak Belur, PM Inggris Liz Truss Akhirnya Mundur di Pekan Keenam

Babak Belur, PM Inggris Liz Truss Akhirnya Mundur di Pekan Keenam
Perdana Menteri Inggris Liz Truss melambaikan tangan kepada media di luar markas Partai Konservatif, setelah diumumkan sebagai Perdana Menteri Inggris menggantikan Boris Johnson di London, Inggris, Senin (5/9/2022). Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble/rwa

jpnn.com, LONDON - Liz Truss mengatakan pada hari Kamis dia akan mengundurkan diri sebagai perdana menteri Inggris, hanya enam minggu setelah dilantik untuk jabatan orang nomor satu di pemerintahan tersebut.

Pemerintahannya babak belur akibat program ekonomi yang mengguncang pasar keuangan, mendorong biaya hidup bagi pemilih dan membuat marah sebagian besar partainya sendiri.

Partai Konservatif, yang memegang mayoritas besar di parlemen dan tidak perlu mengadakan pemilihan nasional selama dua tahun lagi, akan memilih pemimpin baru pada 28 Oktober.

Kontes itu kemungkinan akan mengadu mantan menteri keuangan Rishi Sunak melawan Penny Mordaunt, tetapi juga bisa melihat kembalinya mantan perdana menteri Boris Johnson, yang digulingkan pada Juli ketika para menterinya mengundurkan diri secara massal untuk memaksanya keluar dari kekuasaan.

Berbicara di luar pintu kantor Nomor 10 Downing Street, Truss menerima bahwa dia telah kehilangan kepercayaan dari partainya dan mengatakan dia akan mundur minggu depan, menjadi perdana menteri dengan masa jabatan terpendek dalam sejarah Inggris.

"Oleh karena itu saya telah berbicara dengan Yang Mulia Raja untuk memberitahu dia bahwa saya mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif," kata Truss, yang hanya didukung oleh suaminya dengan para pembantunya dan menteri-menteri yang setia yang tampak absen.

Truss menjadi perdana menteri keempat Inggris dalam enam tahun setelah terpilih pada bulan September untuk memimpin Partai Konservatif oleh anggotanya, bukan pemilih yang lebih luas, dan dengan dukungan hanya dari sekitar sepertiga anggota parlemen partai.

Dia telah menjanjikan pemotongan pajak yang didanai dengan pinjaman, deregulasi dan pergeseran tajam ke kanan pada isu-isu budaya dan sosial.

Liz Truss jadi perdana menteri dengan masa bakti tersingkat dalam sejarah Inggris setelah mengumumkan pengunduran dirinya hanya enam pekan setelah dilantik

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News