Baca: Ini Cara Mencuci Masker Kain

Baca: Ini Cara Mencuci Masker Kain
Ilustrasi pembuatan masker kain. Foto: Antara//Aprionis/aa.

jpnn.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan masyarakat  agar memakai masker kain saat beraktivitas di luar ruangan.

Pemakaian masker sangat diperlukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Pemakaian masker medis hanya disarankan untuk petugas kesehatan yang harus bertugas di garda depan. 

Menjaga kebersihan masker kain merupakan hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Jika tidak dicuci dengan baik dan benar, masker kain bisa menjadi sarang kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit. Nah, mau tahu seperti apa cara mencuci masker kain yang tepat?

Segera cuci masker kain yang sudah digunakan. Jangan menyimpan masker kain yang sudah digunakan untuk penggunaan selanjutnya tanpa dicuci terlebih dahulu. 

Kelembapan udara yang terhirup saat menggunakan masker kain akan membuat kain menjadi lembab. Kondisi ini dapat menjadi tempat yang baik untuk bertumbuhnya bakteri.

Selain itu, jangan cuci masker kain bersamaan dengan pakaian dalam atau pakaian bekas olahraga yang penuh keringat.

Akan jauh lebih baik bila masker kain dicuci dengan tangan menggunakan air panas dan deterjen. Bila tak memungkinkan untuk langsung mencuci masker, simpan masker di tempat yang terpisah dari pakaian lainnya.

Keringkan masker kain yang sudah dicuci di bawah paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet dapat membunuh lebih dari 99 persen kuman pada permukaan kain.

Sinar ultraviolet dapat membunuh lebih dari 99 persen kuman pada permukaan masker kain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News