BACA NIH: Pengaruh antara Membicarakan Seks, Orang Tua dan Perilaku Remaja

BACA NIH: Pengaruh antara Membicarakan Seks, Orang Tua dan Perilaku Remaja
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Berbicara tentang seks dengan orang tua, terutama ibu bisa memengaruhi perilaku remaja termasuk penggunaan kondom, menurut review baru.

“Tapi sementara pembicaraan dengan orang tua mungkin menjadi salah satu faktor penting dalam membantu remaja membuat pilihan yang lebih aman, itu jelas bukan satu-satunya faktor, karena hubungan antara komunikasi orang tua dan perilaku seksual remaja relatif kecil,” kata pemimpin penulis, Laura Widman, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (15/11).

“Orang tua bisa berbicara tentang topik lain yang memengaruhi pilihan seksual berisiko, seperti penggunaan narkoba, tekanan teman sebaya dan kurangnya komunikasi tentang keselamatan antara mitra kencan sebelum terlibat dalam seks,” jelas Widman.

Penelitian mencakup 52 studi dengan lebih dari 25.000 remaja, semua laporan remaja termasuk komunikasi dengan salah satu atau kedua orang tua dan langkah-langkah perilaku seks aman.

Remaja yang dilaporkan memiliki percakapan seks dengan orang tua mereka juga cenderung menunjukkan perilaku seks yang lebih aman dan lebih mungkin untuk menggunakan kondom atau alat kontrasepsi lainnya.

Dampak terbesar adalah terutama bagi anak perempuan dan khususnya untuk remaja yang berbicara dengan ibu mereka.

“Kita tahu bahwa orang tua cenderung untuk berkomunikasi lebih sering dengan anak perempuan daripada dengan anak laki-laki," kata Widman.

“Kami juga tahu bahwa pesan orangtua ketika berbicara seks dengan anak remaja terutama anak remaja perempuan, mereka lebih cenderung menekankan konsekuensi negatif dari aktivitas seksual, seperti kehamilan,” jelas Widman.

Berbicara tentang seks dengan orang tua, terutama ibu bisa memengaruhi perilaku remaja termasuk penggunaan kondom, menurut review baru. “Tapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News