Tips Mengatasi Stres Akibat Kehilangan Pekerjaan

Tips Mengatasi Stres Akibat Kehilangan Pekerjaan
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - KEHILANGAN pekerjaan bisa terjadi pada siapa saja. Tua atau muda, lajang atau yang telah menikah dan bisa menjadi pengalaman yang mengerikan.

Kebanyakan dari kita, di tengah kondisi tersebut, mulai tak sabaran menunggu sampai sebuah pekerjaan impian lain datang. Wajar, sebab pekerjaan adalah sarana untuk menopang keluarga, untuk membayar tagihan dan memenuhi kebutuhan. 

Berikut ini beberapa tips bagaimana menangani stres akibat kehilangan pekerjaan.

1. Bersiaplah

"Cara terbaik untuk menangani situasi stres, termasuk stres akibat kehilangan pekerjaan adalah dengan mempersiapkan untuk diri terlebih dahulu. Siapapun yang telah bekerja untuk waktu yang cukup lama, harus memiliki tabungan dalam bentuk cair untuk minimal 3 bulan gaji terakhir mereka ditarik," kata Consultant Psychiatrist, Dr. Priyaranjan Avinash, seperti dilansir laman India Times, Minggu (15/11).

2. Hadapi perasaan Anda.

Terlepas dari semua persiapan, ketika Anda kehilangan pekerjaan sebenarnya wajar untuk merasa sedih. Namun Anda harus menghadapinya, karena cara ini lebih mudah untuk keluar dari rasa sedih tersebut. Berbicara dengan teman terpercaya dan anggota keluarga. Bagi ketakutan dan kecemasan dan menerima kenyataan. 

3. Hal ini bisa menjadi tanda.

KEHILANGAN pekerjaan bisa terjadi pada siapa saja. Tua atau muda, lajang atau yang telah menikah dan bisa menjadi pengalaman yang mengerikan. Kebanyakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News