Badai Dahsyat Hantam Jepang, Tokyo Terancam Lumpuh

Badai Dahsyat Hantam Jepang, Tokyo Terancam Lumpuh
Hujan badai menghantam India bagian barat, sementara wilayah lainnya kekeringan. Foto: Twitter

jpnn.com, TOKYO - Jepang dilanda hujan paling dahsyat dalam 60 tahun terakhir, Jumat (11/10). Bencana ini diprediksi bakal melumpuhkan Tokyo.

Badai Hagibis, yang berarti "cepat" dalam bahasa Tagalog Filipina akan mendarat di Pulau Honshu pada Sabtu (12/10). Sebulan lalu badai besar juga melanda Jepang dan menghancurkan 30.000 rumah dan menyebabkan aliran listrik padam.

"Badai mampu mencapai rekor curah hujan dan angin," kata pejabat di Badan Meteorologi Jepang (JMA) saat konferensi pers.

Badai tersebut dapat menjadi badai paling dahsyat yang menghantam Tokyo sejak 1958 dan masyarakat juga harus bersiap menghadapi gelombang tinggi dan badai.

Pejabat di Prefektur Chiba, wilayah yang paling parah terkena badai Faxai September lalu, memberitahu kepada masyarakat agar mempersiapkan pasokan makanan dan air untuk tiga hari ke depan.

Panitia Grand Prix Formula Satu Jepang membatalkan semua sesi latihan dan kualifikasi yang dijadwalkan pada Sabtu, menambahkan bahwa babak kualifikasi bakal digelar pada Minggu, sebelum balapan final berlangsung seperti yang direncanakan.

Kedatangan badai juga memaksa pembatalan dua turnamen Piala Dunia rugby pada Sabtu, sementara itu pertandingan Minggu antara tuan rumah Jepang melawan Skotlandia diragukan. Airline ANA Holdings juga turut membatalkan semua penerbangan domestik dari dan menuju Tokyo di dua bandara utama sejak Jumat malam.

Layanan kereta, termasuk Shinkansen, tampaknya juga akan berhenti beroperasi selama akhir pekan, menurut keterangan operator. (ant/dil/jpnn)

Jepang dilanda hujan paling dahsyat dalam 60 tahun terakhir, Jumat (11/10). Bencana ini diprediksi bakal melumpuhkan Tokyo.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News