Badan Haji Dicurigai Ajang Komersialisasi Haji

Badan Haji Dicurigai Ajang Komersialisasi Haji
Badan Haji Dicurigai Ajang Komersialisasi Haji
JAKARTA--Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali merasa khawatir pembentukan badan haji seperti diusulkan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), dijadikan media komersialisasi penyelenggaraan haji. Suryadharma juga kurang setuju usulan moratorium pendaftaran calon jamaah haji.

"Terus terang, saya khawatir jika usulan pembentukan badan haji, dan juga usulan moratorium pendaftaraan haji tersebut nantinya akan menjadi media untuk komersialisasi haji," terang SDA--sapaan akrab Suryadharma di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Senin (6/2).

SDA mencontohkan,  jika memang prosedur penyelenggaraan haji yang dilakukan pemerintah selama ini dinilai salah, pihaknya menerima penilaian tersebut. Bahkan, pemerintah juga bersedia jika  memang diputuskan untuk memberhentikan proses pendaftaran haji dan mengembalikan dana atau biaya haji. Asalnya, tujuannya untuk perbaikan, bukan malah mencari keuntungan atas perubahan itu.

"Jika kita (pemerintah) salah, okelah kita stop dan kita kembalikan semuanya. Dan kembali ke nol semua. Nah, apakah itu akan lebih baik? Jangan-jangan usulan ini adalah usulan yang berbau ingin mengkomersialisasikan haji," imbuhnya.

JAKARTA--Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali merasa khawatir pembentukan badan haji seperti diusulkan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News