Senin, 17 Desember 2018 – 12:51 WIB

Badan Lemas? Yuk Lakukan 4 Olahraga ini

Selasa, 06 Maret 2018 – 04:50 WIB
Badan Lemas? Yuk Lakukan 4 Olahraga ini - JPNN.COM

jpnn.com - Badan lemas merupakan salah satu keluhan dapat dialami oleh setiap orang.

Umumnya rasa lemas muncul ketika energi di dalam tubuh seseorang telah digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, seperti aktivitas belajar pada anak sekolah, aktivitas bekerja pada karyawan, dan masih banyak lagi beragam aktivitas yang dapat menyedot energi.

Rasa lemas juga bisa menjadi gejala suatu penyakit tertentu, yang perlu diketahui penyebab yang mendasarinya.

Faktanya, rasa lemas yang timbul juga dipengaruhi oleh faktor kurang istirahat atau tidur, masalah psikologis seperti cemas atau depresi, hingga kurang berolahraga. Ketika badan sudah terasa lemas, maka bisa memengaruhi produktivitas seseorang. Karena itu, Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan beberapa upaya, salah satunya berolahraga.

Untuk meningkatkan stamina pada tubuh, Anda perlu melakukan olahraga yang bisa menaikkan ketahanan dan otot tubuh. Berikut ini beberapa latihan fisik yang dapat membantu Anda mengatasi rasa lemas:

1. High-Intensity Interval Training (HIIT).

HIIT merupakan jenis olahraga yang mengombinasikan latihan intensitas tinggi dan intensitas rendah diselingi dengan waktu istirahat. Contohnya, untuk tingkat pemula HIIT dapat dimulai dari durasi 7 menit dengan pemanasan selama 1 menit meliputi jumping jack 20 detik, lari di tempat 20 detik, skipping 20 detik, dan stretching 10 detik untuk masing-masing otot.

Setelah pemanasan, Anda boleh masuk ke sesi interval HIIT. Beberapa gerakan yang bisa dilakukan adalah push-up, burpees, sit-up, squat, dengan durasi masing-masing 20 detik. Beristirahatlah selama 30 detik dan Anda boleh mengulangi sesi tadi hingga empat atau lima kali tergantung ketahanan tubuh. Jangan lupa tutup dengan stretching lagi untuk pendinginan. Olahraga HIIT ini dipercaya bisa meningkatkan ketahanan tubuh, baik secara aerobik maupun anaerobik.

SHARES
TAGS   Olahraga
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar