Bagaimana Dua Orang Ayah di Australia Memiliki Seorang Anak dari Ibu Pengganti

Bagaimana Dua Orang Ayah di Australia Memiliki Seorang Anak dari Ibu Pengganti
Rachel Morrison menyerahkan bayi Ari kepada orang tuanya Matt dan Aldo Longobardi.  (Supplied: Matt Longobardi)

Pasangan sesama jenis Matt Longobardi dan suaminya Aldo membangun persahabatan erat dengan Rachel yang menjadi ibu pengganti atau surogasi bagi anak mereka.

Matt dan Aldo sudah hidup bersama selama 16 tahun dan menikah selama tujuh tahun yang lalu.

Pasangan yang tinggal di ibu kota Australia Selatan, Adelaide tersebut sudah lama bermimpi untuk memiliki anak, dan harapan mereka tercapai bulan September lalu ketika putra mereka Ari lahir dari ibu pengganti Rachel Morrison.

Ibu pengganti atau surogasi yang dalam bahasa Inggris disebut 'surrogacy' adalah suatu pengaturan atau perjanjian yang mencakup persetujuan seorang perempuan untuk menjalani proses kehamilan untuk orang lain, yang akan menjadi orang tua sang anak setelah kelahirannya.

Di Australia antara 100-150 bayi dilahirkan lewat program tersebut.

ABC berbicara dengan Matt dan Rachel yang tinggal di Melbourne mengenai program tersebut dan bagaimana mereka kemudian menjalin persahabatan erat setelahnya.

'Saya tidak mengetahui surogasi bisa dilakukan di sini' - Matt

Kapan memutuskan untuk melakukan program surogasi dan donor telur terpisah? 

Ketika Rachel menawarkan kepada kami untuk menjadi ibu pengganti (lewat akun Facebook), kami tidak memiliki donor telur. Namun dia juga bersedia memberikan telurnya untuk dibuahi.

Pasangan sesama jenis Matt Longobardi dan suaminya Aldo membangun persahabatan erat dengan Rachel yang menjadi ibu pengganti atau surogasi bagi anak mereka

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News