Bagaimana Sikap TNI di Tahun Politik, Laksamana Yudo Bilang Begini

Bagaimana Sikap TNI di Tahun Politik, Laksamana Yudo Bilang Begini
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (2/12). Laksamana TNI Yudo Margono merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjanjikan angkatan bersenjata akan netral apabila dirinya memimpin instansi pertahanan negara itu.

Yudo Margono berkomitmen akan mengawal netralitas prajurit selama tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 apabila menjadi sebagai panglima TNI.

"Untuk tahun politik, saya sudah jelas soal netralitas TNI, dan kami tetap netral di Pemilu 2024 dan kami sosialisasikan agar netral," kata Yudo seusai menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (2/12).

Di sisi lain, Yudo juga mendorong soliditas antarmatra TNI.

Yudo menambahkan pihaknya juga membangun sinergisme bersama dengan Polri.

"TNI tidak bisa bergerak sendiri bila tanpa soliditas dan sinergisme bersama Polri dan komponen negara lainnya, baik TNI dan komponen negara lainnya," tambahnya.

Yudo pun optimistis dengan masa jabatannya sebagai panglima TNI selama kurang lebih setahun, mampu mengejawantahkan visi dan misi yang dipaparkannya selama uji kelayakan dan kepatutan.

Komisi I DPR, tambahnya, juga akan mengecek visi dan misi yang dijalankannya dalam 100 hari pertama kepemimpinan sebagai panglima TNI.

Laksamana Yudo Margono berkomitmen akan mengawal netralitas prajurit selama tahun politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News