Bagaimana Warga Indonesia Lulusan Australia Akan Menata Karier di Tengah Pandemi?

Bagaimana Warga Indonesia Lulusan Australia Akan Menata Karier di Tengah Pandemi?
Owen Rahardian Wibowo menyelesaikan pendidikan S1 di University of Melbourne di jurusan akuntansi dan keuangan. (Foto: Supplied)

Lulusan perguruan tinggi di tahun 2020 menghadapi tantangan tersendiri untuk menentukan masa depan mereka di tengah ketidakpastian akibat pandemi COVID-19.

Setelah sejumlah lulusan sarjana di Indonesia menceritakan kekhawatiran mereka dalam mencari pekerjaan, ABC Indonesia juga berbicara dengan sejumlah mahasiswa asal Indonesia di Australia yang selesai sekolahtahun ini.

Owen Rahardian Wibowo, yang baru saja menyelesaikan kuliah S1 di bidang akuntansi dan keuangan di University of Melbourne, melihat masih banyak kesempatan.

"Kalau menurut saya lulus di tahun pandemi adalah sebuah keberuntungan," katan Owen yang tinggal di Yogyakarta.

"Banyak sekali kesempatan baru yang muncul, karena memaksa masyarakat mengubah cara konsumsi dan cara hidup mereka," ujarnya.

Owen baru saja tiga minggu sampai di Indonesia dan sudah selesai menjalani karantina.

Alumni siswa SMA de Britto di Yogyakarta tersebut sekarang mengatakan tidak sedang mencari kerja, namun terlibat dalam beberapa proyek bisnis bersama rekan-rekannya.

"Bisnis yang sedang saya kembangkan antara lain di bidang parfum impor, ini bentuk ekspansi dari bisnis orang tua dimana saya akan membuat online store," katanya.

Lulusan perguruan tinggi di tahun 2020 menghadapi tantangan tersendiri untuk menentukan masa depan mereka di tengah ketidakpastian akibat pandemi COVID-19

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News