Bagikan Jurus Komunikasi yang Baik untuk PR Sekolah

Bagikan Jurus Komunikasi yang Baik untuk PR Sekolah
Bagikan Jurus Komunikasi yang Baik untuk PR Sekolah

jpnn.com - JAKARTA - Universitas Darma Persada menggelar seminar yang mengangkat tema seputar Public Relation (PR) / humas di Auditorium Grha Wira Bhakti Universitas Darma Persada. Dua tema besar yang diangkat di dalam seminar tersebut adalah Peran PR / Humas Sekolah dalam Membangun Citra dan Reputasi Sekolah.

Seminar itu dihadiri oleh perwakilan (kepala sekolah, guru, bimbingan konseling, humas) dari berbagai SMA/SMK/MA se-Jakarta dan Bekasi. 

Pembicara dalam seminar itu adalah Dian Agustine Nurman selaku Director and Expert Consultant Nagaru Communications. Selain itu, pembicara lain adalah Dody Rochadi selaku Associate Director Burson-Marsteller Indonesia. Dia memberikan materi tentang strategi PR/humas dalam menghadapi krisis di sekolah.

Dian Agustine Nurman mengatakan bahwa humas sekolah berperan dalam menjembatani pihak internal sekolah dengan pihak eksternal, baik masyarakat luar maupun media.  

Seorang humas harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik karena dapat berpengaruh kepada citra dari sekolah yang diwakilinya dan harus mampu menjalin hubungan baik dengan media.

Menurutnya, seorang humas juga harus memiliki tindakan preventif sebagai strategi untuk menghindari pandangan negatif dari pihak luar. Misalnya, dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif di dalam sekolah dan mengundang media untuk berpartisipasi di dalam kegiatan tersebut. 

“Reputasi sekolah yang baik dapat dibentuk dan dipertahankan sekaligus bisa menjadi sarana publikasi dan promosi bagi sekolah,” kata dia.

Selain itu, seorang humas perlu merangkul semua bagian di dalam sekolah untuk ikut bekerja sama dalam menjalankan usaha menjaga citra dan membangun reputasi sekolahnya serta menjaga kepercayaan yang sudah didapatkan.

JAKARTA - Universitas Darma Persada menggelar seminar yang mengangkat tema seputar Public Relation (PR) / humas di Auditorium

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News