Bahas Hutan di IKN Nusantara, KLHK Berdiskusi dengan Akademisi dan Praktisi

Bahas Hutan di IKN Nusantara, KLHK Berdiskusi dengan Akademisi dan Praktisi
Menteri LHK Siti Nurbaya saat Diskusi tentang Langkah-langkah Operasional Penerapan Forest City IKN, yang digelar di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (22/3/2022). Foto: Humas KLHK

jpnn.com,  BALIKPAPAN - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melibatkan kalangan akademisi dan praktisi komunikasi publik untuk berdiskusi tentang upaya memulihkan hutan alam di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal itu disampaikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya pada Diskusi Langkah-langkah Operasional Penerapan Forest City IKN, yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dia menjelaskan pembangunan IKN akan beriringan dengan langkah-langkah pemulihan lingkungan.

"Dalam suasana itu, menjadi sangat penting kehadiran bersama para akademisi dan praktisi komunikasi publik," kata Siti, Selasa (22/3).

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI G. Budisatrio Djiwandono, mengatakan pembangunan IKN dengan konsep forest city merupakan kesempatan untuk memperbaiki tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan, tidak hanya untuk areal IKN itu sendiri, tetapi juga di daerah penyangganya.

"Kami akan membangun IKN dengan konsep forest city, green city, atau smart city. Mari kita lakukan dengan baik dan benar, serta tidak tanggung-tanggung," ujar Budi.

Meski begitu, politikus Partai Golkar itu menegaskan yang tidak kalah penting dari pembangunan berbagai aspek fisik ialah pembangunan aspek sosial, yaitu sumber daya manusia.

Sejalan dengan hal tersebut, Deputi VI Deputi Bidang Kesatuan Bangsa Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Janedjri M. Gaffar mengatakan pihaknya turut mengawal dan menjaga aspek politik, hukum, dan keamanan sehingga tujuan pembangunan IKN ini bisa terwujud.

KLHK melibatkan kalangan akademisi dan praktisi komunikasi publik untuk berdiskusi tentang upaya memulihkan hutan alam di IKN Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News