Guru Besar dan Dekan Fakultas Kehutanan se-Indonesia ke IKN, Nih Agendanya, Top Banget

Guru Besar dan Dekan Fakultas Kehutanan se-Indonesia ke IKN, Nih Agendanya, Top Banget
KLHK melibatkan kalangan para guru besar dan dekan Fakultas Kesehatan serta praktisi komunikasi publik berkunjung ke titik nol IKN Nusantara dalam rangka berdiskusi dan menerima masukan. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, BALIKPAPAN - Pemerintah berkomitmen untuk mengawali pembangunan Ibu Kota Kota Negara (IKN) Nusantara dengan merehabilitasi hutan yang ada, sebagai bagian upaya memulihkan hutan alam Indonesia.

Mendukung hal tersebut, KLHK melibatkan kalangan akademisi dan praktisi komunikasi publik untuk berdiskusi dan menerima masukan dari mereka.

“Pembangunan IKN ini akan beriringan dengan langkah-langkah pemulihan lingkungan. Bukan sekadar jargon karena memang harus kita lakukan. Dalam suasana itu, menjadi sangat penting kehadiran bersama para akademisi dan praktisi komunikasi publik. Oleh karena itu, pertemuan ini merupakan sebuah permulaan,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya pada Diskusi Langkah-langkah Operasional Penerapan Forest City IKN, yang digelar di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (22/3/2022).

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI G. Budisatrio Djiwandono, yang merupakan anggota DPR Dapil Kaltim menyampaikan diskusi ini merupakan langkah yang baik.

Dia menilai pembangunan IKN dengan konsep forest city merupakan kesempatan untuk memperbaiki tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan, tidak hanya untuk areal IKN itu sendiri, tetapi di daerah penyangga IKN juga.

“Perpindahan Ibu Kota ini, kita jadikan momentum bersama. Ini merupakan sebuah kesempatan besar. Kita akan membangun IKN dengan konsep forest city, green city, atau smart city, mari kita lakukan dengan baik dan benar serta tidak tanggung-tanggung,” katanya.

Namun demikian, dirinya menegaskan yang tidak kalah penting dari pembangunan berbagai aspek fisik, yaitu pembangunan aspek sosial yaitu sumber daya manusia.

Sejalan dengan hal tersebut, Deputi VI Bidkor Kesbang Kemenko Polhukam Janedjri M Gaffar mengatakan pihaknya turut mengawal dan menjaga aspek politik, hukum, dan keamanan, sehingga dapat tercapai tujuan pembangunan IKN ini.

KLHK melibatkan kalangan para guru besar dan dekan Fakultas Kesehatan serta praktisi komunikasi publik untuk berdiskusi dan menerima masukan terkait IKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News