Bahas Reklamasi, Debat Ahok Vs Anies Berlangsung Sengit

Bahas Reklamasi, Debat Ahok Vs Anies Berlangsung Sengit
Basuki Tjahja Purnama saat adu argumen dengan Anies Baswedan dalam debat Pilgub DKI Putaran II. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com - Debat panas sempat terjadi antara Calon Gubernur Basuki Tjahaja versus Anies Baswedan saat membicarakan topik reklamasi Teluk Jakarta.

Hal itu terjadi dalam sesi pertanyaan antar calon gubernur. Ahok -sapaan Basuki- mendapat giliran pertama untuk bertanya.

Ahok menggunakan kesempatan itu untuk bertanya tentang sikap Anies-Sandi yang selalu berubah-ubah tentang reklamasi.

Dia juga bertanya mengenai sikap Anies-Sandi terkait keputusan presiden (keppres) soal reklamasi yang terbit sejak zaman Presiden Soeharto. Padahal pasangan nomor urut tiga itu berniat membatalkan reklamasi.

"Bagaimana cara kita menghadapi keppres ini dari zaman Soeharto, termasuk membatalkan reklamasi," tanya Ahok kepada Anies saat sesi debat pilkada di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (12/4) malam.

Lantas, Anies pun diberi kesempatan oleh moderator Ira Koesno untuk menjawab.

"Saya rasa yang perlu disamakan bahwa kita harus memikirkan soal reklamasi, tapi pendapat kita berbeda," kata Anies mengawali jawabannya.

Menurut Anies, berdasarkan Keppres Nomor 52 Tahun 1995, wewenang reklamasi ada di gubernur. Dia berjanji akan memanfaatkan pulau reklamasi sepenuhnya untuk kepentingan rakyat, bukan kelompok tertentu.

Debat panas sempat terjadi antara Calon Gubernur Basuki Tjahaja versus Anies Baswedan saat membicarakan topik reklamasi Teluk Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News