Bahaya Minum Kopi Berlebihan Untuk Kesehatan

Bahaya Minum Kopi Berlebihan Untuk Kesehatan
Kopi hitam. Foto: Health

jpnn.com, JAKARTA - Buat sebagian orang, minum secangkir kopi merupakan salah satu keharusan dalam setiap aktivitas yang mereka lakukan. Berbagai alasan sering mewarnainya seperti untuk mengusir rasa kantuk serta menjadi penyemangat untuk memulai aktivitas padat yang akan mereka jalankan.

Minum kopi dalam jumlah yang wajar memang tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, minum kopi secara berlebihan bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Kopi memang menjadi salah satu minuman favorit. Di samping aromanya yang khas juga rasanya yang nikmat di lidah. Namun, jangan terlena terhadap itu semua. Ini dikarenakan banyak sekali dampak buruk dari kopi jika di konsumsi secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa efek buruk yang harus diwaspadai jika Anda minum lebih banyak kopi daripada yang dibutuhkan tubuh Anda, seperti dilansir laman India Times. (fny/jpnn)

Bahaya Minum Kopi Berlebihan

1. Kopi mungkin tidak membuat Anda merasa waspada dalam jangka panjang. Kopi memang diketahui mampu meningkatkan detak jantung Anda dan memberi Anda energi instan. Namun, dalam jangka panjang, peminum kopi secara teratur menjadi toleran terhadap kafein, yang membuat mereka menjadi lebih tidak waspada.

2. Kopi bisa mengganggu produksi kortisol Anda. Tingkat kortisol Anda paling tinggi saat Anda bangun di pagi hari. Ini adalah kortisol yang membantu Anda merasa terjaga. Minum kopi di pagi hari akan memengaruhi produksi kortisol dan akhirnya menyebabkan tubuh Anda bergantung padanya.

3. Kopi bisa berkontribusi pada lingkar pinggang yang meluas. Ganti kopi Anda dengan susu utuh daripada kopi hitam, karena hal ini bisa menghemat hingga setidaknya 160 kalori. Faktanya, asam klorogenik yang ditemukan dalam kopi hijau yang terbuat dari kacang yang tidak terkendali dapat membantu menurunkan berat badan dengan mempercepat laju di mana tubuh Anda membakar lemak.

Buat sebagian orang, minum secangkir kopi merupakan salah satu keharusan dalam setiap aktivitas yang mereka lakukan. Berbagai alasan sering mewarnainya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News