Jumat, 21 Juni 2019 – 06:52 WIB

Bahaya Minuman Manis untuk Perut Anda

Sabtu, 13 Februari 2016 – 15:41 WIB
Bahaya Minuman Manis untuk Perut Anda - JPNN.COM

ilustrasi minuman. Foto: dok. JPNN.com

Orang yang minum minuman manis setiap hari cenderung menumpuk lemak perut lebih dari waktu ke waktu. Studi yang meneliti lebih dari 1.000 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang minum setidaknya satu minuman bergula setiap sehari memiliki peningkatan yang lebih besar dalam lemak perut selama enam tahun ke depan.

Para peneliti mengatakan hasil ini memprihatinkan karena jenis lemak yang dikenal sebagai visceral fat mengelilingi sejumlah organ vital dan sangat tidak sehat.

" Lemak visceral adalah jenis lemak yang berhubungan erat dengan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung," kata juru bicara American Heart Association (AHA), Alice Lichtenstein, seperti dilansir laman Health.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation ini memiliki hasil yang berbeda dari penemuan sebelumnya yang menghubungkan minuman manis dan konsekuensi kesehatan. Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak minuman manis cenderung memiliki tingkat yang lebih tinggi dari diabetes dan penyakit jantung.

" Tetapi temuan baru menunjukkan mekanisme di balik itu," kata pemimpin peneliti Jiantao Ma.

Hasil penelitian didasarkan pada 1.003 orang dewasa paruh baya yang mengambil bagian dalam studi yang lebih besar pada kesehatan jantung. Para peneliti menggunakan CT scan untuk mengukur tingkat lemak visceral pada masing-masing peserta pada awal studi dan enam tahun kemudian.

Pada tahap awal, 13 persen dari kelompok studi mengatakan mereka minum setidaknya satu minuman bergula setiap hari. Dan rata-rata pria dan wanita menunjukkan peningkatan terbesar dalam lemak visceral selama enam tahun ke depan.

Dibandingkan dengan orang yang tidak pernah minum minuman manis, konsumen harian mengakumulasi sekitar 27 persen lebih banyak lemak visceral.

" Itu tidak membuktikan bahwa minuman manis adalah penyebab di balik meningkatnya lemak visceral,' kata Ma.

Lichtenstein setuju bahwa orang yang minum banyak minuman manis mungkin memiliki kebiasaan yang kurang sehat lainnya.

" Orang yang mengonsumsi banyak gula tambahan juga cenderung makan lebih sedikit sayuran, berolahraga kurang dan lebih mungkin untuk merokok," pungkasnya.(fny/jpnn)
 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar