Bakal Ada Jalan Gus Dur di Kalbar

Bakal Ada Jalan Gus Dur di Kalbar
Bakal Ada Jalan Gus Dur di Kalbar
JAKARTA--Sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, berencana menggunakan nama KH Abdurrahman Wahid, atau yang biasa dipanggil Gus Dur, untuk nama salah satu ruas jalan. Bupati Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Muda Mahendrawan, mengatakan, pihaknya tengah mengkaji kemungkinan penggunaan nama mantan Presiden Indonesia tersebut. “Gus Dur merupakan tokoh yang fenomenal, Gus Dur adalah bapak pluralisme Indonesia," ujar Muda Mahendrawan saat dihubungi JPNN, Senin (18/1).

Dijelasakan, dirinya akan membahas penggunaan nama Gus Gur sebagai nama jalan bersama DPRD. Saat ini, kajian hukumnya tengah dilakukan. Bila sudah beres, penamaan jalan itu akan dituangkan dalam bentuk Peraturan daerah.  Rencananya, nama Gus Dur akan menjadi nama untuk ruas jalan yang menghubungkan dua kecamatan sepanjang 50 kilometer.

Saat ini, ruas jalan tengah dalam tahap peningkatan fungsi. Nantinya, jalan tersebut menjadi poros utama pergerakan ekonomi dan jasa Kecamatan Sungai Raya dan Terentang. Jalan tersebut bagian dari 12 ruas poros utama di Kabupaten Kubu Raya yang harus dibangun dalam kurun waktu 4 tahun.

Ada dua alternatif lokasi nama Jalan KH Abdurrahman Wahid yakni jalan antara Desa Kuala Dua - Sukalanting atau Desa Kumpai - Sungai Asam. Muda optimistis usulan nama jalan itu dapat diterima semua pihak.  Muda menambahkan, dirinya sependapat dengan Wimar Witoelar, yang menyatakan Gus Dur bahkan merupakan bapak plularisme dunia, mengingat bahwa dunia kini kekurangan tokoh pluralisme dan bahkan didominasi oleh pemimpin eksklusif.

JAKARTA--Sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, berencana menggunakan nama KH Abdurrahman Wahid, atau yang biasa dipanggil Gus Dur, untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News