Bakal Lebih Banyak Putra Daerah Terserap di Inalum

Bakal Lebih Banyak Putra Daerah Terserap di Inalum
Bakal Lebih Banyak Putra Daerah Terserap di Inalum
JAKARTA -- Pengelolaan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) pasca 2013 yang akan melibatkan pemda, bukan saja akan menambah pundi-pundi pendapatan Pemprov Sumut dan 10 kabupaten/kota yang ada di sekitar Danau Toba. Perusahaan level internasional itu juga dipastikan akan bermanfaat langsung bagi putra-putri daerah.

Anggota Komisi VI DPR Nasril Bahar meyakini, bakal makin banyak lagi putra daerah yang terserap menjadi tenaga kerja level ahli (skill) di perusahaan yang selama ini dikendalikan konsorsium perusahaan Jepang itu.

Politisi asal PAN itu menjelaskan, ada tiga level tenaga kerja, yakni buruh kasar, tenaga ahli/skill, dan level manajerial. Selama ini, tatkala mayoritas saham Inalum dikuasai Jepang, sudah banyak putra daerah asal Sumatera (tak sebatas Sumut), yang bekerja di level ahli di perusahaan Inalum.

"Ketika nanti 100 persen saham dikuasai pemerintah dan pemda dilibatkan, yang dikelola BUMN dan BUMD, maka otomatis akan banyak lagi putra daerah yang bekerja di Inalum," terang Nasril kepada JPNN di Jakarta, kemarin (29/6).

JAKARTA -- Pengelolaan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) pasca 2013 yang akan melibatkan pemda, bukan saja akan menambah pundi-pundi pendapatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News