Bakrie Perbesar Bisnis Sawit

Bakrie Perbesar Bisnis Sawit
Bakrie Perbesar Bisnis Sawit
JAKARTA – Jaringan bisnis Grup Bakrie kian menggurita. Lewat salah satu anak usahanya, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP), kelompok usaha milik Aburizal Bakrie, orang terkaya di Asia Tenggara versi Globe Asia, itu kini menggandeng ASD de Costa Rica, perusahaan asal Kosta Rika, untuk pengembangan bibit kelapa sawit.

      Sekretaris Perusahaan UNSP Fitri Barnas menyatakan, model kerja sama dengan ASD adalah dengan membentuk perusahaan patungan. Namanya, PT ASD-Bakrie Oil Palm Seed Indonesia. ”Komposisi kepemilikan sahamnya masing-masing 50 persen,” ujarnya di Jakarta.

      Dia menjelaskan, dengan kondisi dalam negeri yang masih kekurangan bibit sawit, posisi perusahaan patungan tersebut sangat strategis. ”Selain akan digunakan untuk keperluan pembangunan lahan baru dan replanting, bibit-bibit yang dihasilkan nanti juga diperjualbelikan secara komersial,” katanya. Fitri mengatakan, Kosta Rika selama ini memang dikenal sebagai negara yang menghasilkan bibit-bibit kelapa sawit terunggul dan menjadi pemasok untuk banyak perusahaan kepala sawit di berbagai negara.

      Perusahaan patungan tersebut nantinya akan mulai memproduksi bibit sawit lima tahun pascapembangunan kebun induk. Dengan demikian, bibit-bibit baru tersebut akan mulai tersedia dan dapat digunakan di perusahaan Bakrie pada 2011 mendatang. Pembangunan kebun induk milik Bakrie sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak 2006. Total lahannya untuk kebun induk tersebut mencapai 285 hektare. Kebun induk itu nantinya akan mampu memproduksi sedikitnya 30 juta bibit sawit per tahun.

      Fitri menjelaskan, pengembangan bibit sawit dari produksi perusahaan patungan tersebut sangat menunjang ekspansi perseroan. Sebelumnya, Direktur Utama UNSP Ambono Janurianto menyatakan bahwa perseroan akan terus melakukan pengembangan areal perkebunan kelapa sawit. Saat ini menurut Ambono, total luas areal perkebunan kelapa sawit dan karet milik UNSP mencapai hampir 120 ribu hektare. ”Target kami, tahun 2011 mendatang bisa mencapai 200 ribu hektare,” katanya. (eri)

JAKARTA – Jaringan bisnis Grup Bakrie kian menggurita. Lewat salah satu anak usahanya, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP), kelompok


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News