Balas Kebaikan Laos, Tiongkok Kirim Bantuan Alat Tes Virus Corona

Balas Kebaikan Laos, Tiongkok Kirim Bantuan Alat Tes Virus Corona
Alat tes virus corona kiriman pemerintah Tiongkok tiba di Vientiane, Rabu (18/3). Foto: Kedubes Tiongkok di Vientiene/Xinhua

jpnn.com, VIENTIANE - Tiongkok mengirim berbagai macam bantuan untuk Laos yang saat ini tengah berjuang melawan virus corona. Salah satu bentuk bantuan itu adalah alat tes COVID-19 yang telah tiba di Vientiane, Rabu (18/3).

Dubes Tiongkok Jiang Zaidong mengatakan, pengiriman bantuan tersebut merupakan cara Beijing membalas kebaikan Laos. Ketika Tiongkok tengah kesulitan memerangi virus corona, negara tetangganya itu memberikan dukungan dalam berbagai bentuk, termasuk donasi senilai USD 700 ribu (Rp 15 miliar) dan beragam alat pencegah wabah.

"Mengingat COVID-19 kini menyebar secara global dan Laos sedang berada dalam tekanan yang kian besar dalam mencegah maupun mengendalikan virus, Tiongkok siap memberi Laos alat-alat pelindung yang sangat diperlukan, sesuai arahan Presiden Xi Jinping tentang kerja sama internasional aktif guna mencegah dan mengendalikan wabah COVID-19," ujar Jiang.

Alat pencegah dan pelindung lain yang sangat dibutuhkan, seperti masker wajah dan baju pelindung, yang telah dijanjikan akan diberikan oleh pemerintah Tiongkok dijadwalkan tiba dalam waktu dekat.

Menteri Kesehatan Laos Bounkong Syhavong mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, upaya pencegahan dan pengendalian wabah yang dilakukan Tiongkok berjalan efisien dan efektif. Dia yakin tak lama lagi Negeri Tirai Bambu itu akan memenangkan perang melawan virus corona.

"Dengan COVID-19 menyebar luas di seluruh dunia, Laos menghadapi risiko kasus impor," ujar Bounkong, seraya menambahkan bahwa alat pencegah dan pelindung pemberian Tiongkok akan meningkatkan kapabilitas serta keyakinan Laos dalam memerangi penyakit ini. (Xinhua/ant/dil/jpnn)

Tiongkok mengirim berbagai macam bantuan untuk Laos yang saat ini tengah berjuang melawan virus corona. Salah satu bentuk bantuan itu adalah alat tes COVID-19


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News