Bali Pukau Ratusan Delegasi Simposium Maritim Internasional

Bali Pukau Ratusan Delegasi Simposium Maritim Internasional
Penari Bali. Foto: dokumen Radar Bali

jpnn.com, NUSA DUA - Bali memang punya daya pikat yang kuat. Ratusan delegasi Angkatan Laut dari 43 negara yang tengah mengikuti  3rd International Maritime Security Symposium (IMSS) 2017 di Inaya Hotel, Kawasan Nusa Dua, Badung pun mengakuinya.

Sejak jamuan gala dinner, Kamis (24/8) malam, mereka terpesona dengan suguhan budaya Bali. Ratusan delegasi yang di dalamnya juga terdapat perwira tinggi setingkat KSAL dari 11 negara itu kagum dengan ragam budaya Bali yang disuguhkan.

Dari mulai Tari Garuda Kencana, busana yang dipakai keenam penari serta magisnya alunan musik, sukses menghipnotis seluruh delegasi. Tidak sedikit peserta delegasi bangkit dari tempat duduknya. Mereka seolah tidak ingin ketinggalan momen tersebut dan kemudian mengabadikan dengan gawainya masing-masing.

Setelah tampilan tari Garuda Wisnu Kencana, giliran penyanyi wanita yang membawakan sejumlah lagu dari daerah Sumatera Utara. Bersamaan dengan nyanyian juga ditampilkan video-video keindahan alam dan budaya Sumatera Utara.

Selanjutnya, nyanyian berganti menjadi lagu-lagu dari daerah lain seperti Sumatera Selatan, Jawa Timur, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan lainnya. Penyanyi Lea Simajuntak dan Dwiki Dharmawan turut mengisi acara.

Tidak sampai di situ, para anggota delegasi makin terpesona kala Baleganjur Janger Dancer membawakan tari-tari tradisional Bali lainnya. Kehadiran empat Putri Pariwisata juga menambah daya tarik gala dinner tersebut.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi mengatakan, kegiatan IMSS kali ini adalah yang ketiga setelah sebelumnya dua kali digelar di Jakarta pada 2013 dan 2015.

IMSS yang menghadirkan peserta dari 54 negara dan gabungan dari anggota Western Pacific Naval Symposium (WPNS) dan Indian Ocean Naval Symposium), jelas Ade, bukan sekadar simposium yang membahas berbagai isu keamanan maritim. Sebab, IMSS juga upaya TNI mengajak para delegasi mengenal dan mengeksplorasi kultur dan warisan budaya Indonesia.

Bali memang punya daya pikat yang kuat. Ratusan delegasi Angkatan Laut dari 43 negara yang tengah mengikuti  3rd International Maritime Security

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News