Balibo Hanya Film Fiksi

Komunitas Film Jogja Pertanyakan Pelarangan LSF

Balibo Hanya Film Fiksi
Balibo Hanya Film Fiksi
JAKARTA - Meski diinspirasi dari kisah nyata, film Balibo  masuk kategori fiksi. Beberapa bagian cerita, termasuk rentang waktu pembunuhan para jurnalis, mengalami dramatisasi. Lagipula, film itu tidak dibuat untuk tujuan dokumentasi sejarah. Hanya sebuah cerita yang diinspirasi dari kejadian nyata.

"Balibo adalah film fiksi dan tidak dibuat sebagai film dokumenter. Mengapa dilarang? Di satu sisi, film ini dibuat dengan basis faktual. Di sisi lain, film ini fiksi," ungkap sejarawan Baskara T. Wardaya dalam diskusi dan pemutaran Balibo di halaman Kantor Badan Penerbitan Pers Mahasiswa (BPPM) Balairung UGM, beberapa waktu lalu.

Karena kerancuan sejarah yang ada di dalamnya, film ini tidak bisa digunakan untuk sumber sejarah. Namun, terlepas dari benar salah fakta sejarah di film ini, Baskara menilai film ini tetap penting ditonton.

"Untuk bisa menelusuri kebenaran peristiwa Balibo, perlu rujukan sejarah lebih banyak dari berbagai sumber. Film bisa digunakan sebagai pemantik untuk memancing ketertarikan kita membuka kembali sejarah lama. Untuk tujuan itulah film ini menjadi penting," katanya.

JAKARTA - Meski diinspirasi dari kisah nyata, film Balibo  masuk kategori fiksi. Beberapa bagian cerita, termasuk rentang waktu pembunuhan para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News