Balitbang Golkar Nilai Pemerintah dan Masyarakat Beradaptasi Cukup Baik terhadap Pandemi

Balitbang Golkar Nilai Pemerintah dan Masyarakat Beradaptasi Cukup Baik terhadap Pandemi
Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga menilai adaptasi yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid relatif berjalan sesuai dengan jalur yang diharapkan.

Adaptasi yang dimaksud menurut jerry adalah adaptasi dalam penyusunan dan penerapan kebijakan dan sosialisasi yang cepat bagi pemerintah.

Sedangkan bagi masyarakat, adaptasi yang dimaksud adalah kepatuhan dalam mengikuti kebijakan dan penerapan pola interaksi yang sesuai dengan konteks pandemi.

Pada sisi Pemerintah menurut Ketua Balitbang, penyusunan dan penerapan kebijakan makin bisa mengikuti irama pandemi yang kerap berfluktuasi. Ketidaktentuan kondisi akibat pandemi makin bisa dipahami para pembuat keputusan sehingga volatilitas pandemi itu sendiri bisa lebih tertangani.

Jerry mencontohkan dalam kebijakan Kesehatan. Meskipun diserbu oleh varian delta yang sempat menaikkan secara tajam penderita pada bulan Juni dan Juli tetapi dengan kebijakan yang baik makin lama makin bisa tertangani.

“Kalau kita ikuti perjalanan outbreak covid varian delta ini sebenarnya dapat kita lihat bahwa kemampuan pemerintah makin bagus. Sempat naik tajam tapi kemudian bisa dikendalikan. Sekarang beberapa daerah sudah menunjukkan pelandaian," ujar dia.

Karena itu Balitbang terus meningkatkan capaian vaksinasi nasional agar dampak pandemi bisa segera teratasi. Mengenai pemberlakuan PPKM yang Kembali diperpanjang menurut Jerry ini adalah Langkah yang tepat. Sebab menurutnya, ini untuk memberikan ruang kebijakan jika ada kemungkinan kasus masih bisa berfluktuasi.

“Fluktuasi penderita Covid itu kan dipengaruhi oleh mobilitas dan interaksi antar manusia. Nah kalau PPKM dicabut serta merta tentu akan terjadi ledakan mobilitas yang bsia mengakibatkan terjadinya ledakan penderita. Kasihan para nakes dan fasilitas Kesehatan yang sudah berjibaku 2 bulan lebih ini. Jadi Langkah pemerintah memperpanjang PPKM tepat dan menggenjot vaksinasi juga kebijakan yang sangat bagus,” tambah Jerry.

Yang jelas, menurut Jerry, Balitbang Golkar mendukung kebijakan Pemerintah dan ingin terus menjalin kolaborasi dengan stake holder agar pandemi segera berlalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News