Balitbang Kemenag Rencanakan Transformasi Besar, Ada 4 Tahapan

Balitbang Kemenag Rencanakan Transformasi Besar, Ada 4 Tahapan
Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Kementerian Agama RI menggelar expert group discussion soal moderasi agama dan pengembangan SDM di Hotel Sari Pacific, Jakarta. Foto: dok Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Kementerian Agama RI menggelar expert group discussion soal moderasi agama dan pengembangan SDM di Hotel Sari Pacific, Jakarta.

Kegiatan bertajuk Transformasi Badan Litbang dan Diklat Menuju Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia itu berlangsung dua hari pada 12-13 Desember 2022.

Kepala Balitbang dan Diklat Kemenag RI Suyitno mengatakan bahwa unit kerja yang dipimpinnya ini adalah think tank Kementerian Agama.

"Untuk itu perlu dipikirkan dan didiskusikan secara serius oleh para ahli bagaimana Badan Litbang dan Diklat dapat bertransformasi menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia," tegas Suyitno, Senin Malam (12/12).

Menurut Suyitno dalam arahannya, demi mencapai transformasi kelembagaan perlu menjalankan catur program yang dicanangkan.

Catur Program yang dimaksud antar lain: 1) Transformasi Digital, Kelembagaan, Sarana dan Prasarana; 2) Pemetaan dan Penataan SDM, 3) Penguatan kebijakan Bidang Agama dan Layanan Keagamaan; dan 4) Jamu Zotas alias Jaminan Mutu dan Zona Integritas.

Selain sebagai numeralia, Suyitno menambahkan bahwa penggunaan istilah catur di sini juga untuk mencerminkan filosofi yang mendasari program tersebut.

"Catur ini dalam sekali filosonya. Di dalam permainan catur kita tahu ada raja, menteri, gajah, kuda, benteng, dan pion yang masing-masing melankah sesuai perannya dan tidak saling tumpang tindih," serunya.

Kepala Balitbang dan Diklat Kemenag RI Suyitno mengatakan bahwa unit kerja yang dipimpinnya ini adalah think tank Kementerian Agama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News