Balitbang Kemenhan Luncurkan Buku ‘Warisan Budaya Bernilai Pertahanan Indonesia’

Balitbang Kemenhan Luncurkan Buku ‘Warisan Budaya Bernilai Pertahanan Indonesia’
Kepala Balitbang Kemenhan RI Marsekal Muda TNI Julexi Tambayong meluncurkan buku berjudul ‘Warisan Budaya Bernilai Pertahanan (Defense Heritage) Indonesia’ di Kantor Balitbang Kemhan, Jakarta, Rabu (6/10). Foto: Biro Humas Setjen Kemenhan

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan RI (Balitbang Kemenhan RI) Marsekal Muda TNI Julexi Tambayong meluncurkan buku berjudul ‘Warisan Budaya Bernilai Pertahanan (Defense Heritage) Indonesia’ di Kantor Balitbang Kemenhan, Jakarta, Rabu (6/10).

Acara peluncuran ini dihadiri oleh pejabat eselon II Kemenhan, para Akademisi, Arkeolog serta budayawan secara offline maupun virtual.

Peluncuran buku tersebut merupakan hasil karya kolaborasi penelitian antara Peneliti Ahli Muda Balitbang Kemhan Gerald Theodorus Lumban Toruan dengan Dr. Jeanne Francoise doktor pertahanan perempuan pertama dari Unhan.

Kabalitbang mengatakan Peneliti Balitbang Kemenhan telah berhasil memublikasikan hasil penelitian perorangan tahun 2020 ke dalam sebuah buku.

“Belum pernah ada peneliti Indonesia yang melakukan penelitian Defense Heritage, buku ini adalah buku ilmiah yang bagus untuk terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tegas Kabalitbang.

Selanjutnya Kabalitbang mengungkapkan buku ini juga mampu memberikan pemahaman dasar bahwa Indonesia punya tugas dalam menjaga serta melestarikan objek-objek cagar budaya bernilai pertahanan, sebagai bagian dari sejarah perjuangan bangsa yang menjadi identitas Indonesia.

Pada akhir sambutannya Kabalitbang Kemenhan berharap bahwa buku ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam rangka menumbuhkan rasa cinta tanah air dan juga untuk pengembangan pariwisata Indonesia.

Dalam presentasi singkatnya, Gerald Theodorus L. Toruan mengatakan selama ini bangsa Indonesia terkungkung dalam stigma bangsa Indonesia adalah bangsa terjajah, stigma ini haruslah diubah menjadi bangsa yang berjuang melawan kolonialisme.

Kepala Balitbang Kemhan RI Marsekal Muda TNI Julexi Tambayong meluncurkan buku berjudul ‘Warisan Budaya Bernilai Pertahanan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News