Balon Udara Bisa Capai Ketinggian 13 KM, Jelas Berbahaya

Balon Udara Bisa Capai Ketinggian 13 KM, Jelas Berbahaya
Petugas Polres Ponorogo, Kodim 0802, dan TNI AU mengamankan balon udara. Foto: Bagas Bimantara/Radar Madiun/JPNN.com

jpnn.com, PONOROGO - Puluhan balon udara siap terbang disita dari sejumlah warga Ponorogo, Jatim, Minggu (17/6). Diketahui, menerbangkan balon udara merupakan tradisi sebagian masyarakat Ponorogo menyambut lebaran.

‘’(Balon udara) sudah kami amankan sebagai barang bukti,’’ kata Kapolres Ponorogo AKBP Radiant.

Giat patroli dan razia balon udara terpadu Minggu melibatkan jajaran Polres Ponorogo, Kodim 0802 dan TNI AU Lanud Iswahyudi Magetan. Dalam razia tersebut 64 unit balon udara berbagai jenis dan ukuran diamankan dari 13 kecamatan.

Seorang pelaku yang diduga pembuat balon udara diamankan dalam razia mulai pukul 04.30 hingga pukul 09.00. ‘’Kami minta para pelaku membuat pernyataan tidak mengulangi, sanskinya ada di pihak yang berwenang,’’ jelasnya.

Radiant menambahkan kewenangan menindaklanjuti hasil operasi kemarin berada di bawah Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan. Sedangkan pihaknya membantu untuk menertibkan. ‘’Nanti akan terus kami razia sampai Lebaran Ketupat (H+7),’’ tegasnya.

Sebelumnya, lanjut Radiant, larangan menerbangkan balon udara sering dilakukan melalui sosialisasi kepada masyarakat. Bahkan, pihaknya juga sudah melakukan public address menggunakan mobil patroli untuk sosialisasi.

Namun, sejak lebaran hari pertama langit Ponorogo masih diwarnai balon udara. ‘’Sudah kami sampaikan kepada polsek jajaran untuk merazia hingga beberapa hari ke depan,’’ ujarnya.

Bagi sebagian masyarakat di Ponorogo, menerbangkan balon udara saat lebaran memang sudah tradisi. Namun, hal sangat membahayakan penerbangan. Sebab, balon udara dengan ukuran besar bisa terbang hingga ketinggian sekitar 40.000 kaki atau sekitar 13 kilometer.

Balon udara bisa mencapai ketinggian sekitar 40.000 kaki atau sekitar 13 kilometer, sedang ketinggian pesawat di atas pulau Jawa rata-rata sekitar 37.000 kaki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News