Bambang Soesatyo Apresiasi Langkah TNI dan Polri Tumpas Teroris di Papua

Bambang Soesatyo Apresiasi Langkah TNI dan Polri Tumpas Teroris di Papua
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi langkah cepat dan strategis TNI dan Polri menumpas habis para pemberontak serta teroris yang sangat meresahkan warga Papua dengan berbagai tindakan kekerasan, pemerkosaan ataupun pembunuhan.

Setelah berhasil memukul mundur dan menguasai kembali desa-desa dari cengkraman para pemberontak dan teroris, kata Bamsoet, perlu dilakukan langkah-langkah pemulihan melalui berbagai operasi bakti kesejahteraan.

Menurutnya, hal itu itu penting agar bisa dilakukan pemulihan kesejahteraan umum dan pendidikan bagi anak-anak lokal Papua.

"Anggota TNI dan Polri kiranya dapat ditugaskan sebagai guru dan pembangunan kembali fasilitas umum yang rusak," ujar Bamsoet di Jakarta, Minggu (2/5).

Ketua ke-20 DPR RI ini menuturkan, pendekatan keamanan dan kesejahteraan perlu dilakukan sebagai upaya pembinaan teritorial terpadu.

Sehingga, lanjut dia, mampu mencegah penetrasi para teroris di Papua yang ingin kembali berbaur dengan masyarakat. 

"Merebut hati dan pikiran masyarakat lokal Papua adalah cara terbaik. Ibarat keringkan sumber air kolam untuk bisa tangkap ikan," kata Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara menyatakan, dari sudut pandang penegakan hukum berdasarkan United Nation Convention Against Transnational Organized Crime (UNCATOC), kasus yang terjadi di Papua, seperti pembunuhan dua guru sekolah, Kabinda BIN Papua, anggota Brimob serta pembakaran beberapa sekolah di sana, merupakan perkara serius.

Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi langkah cepat dan strategis TNI dan Polri menumpas habis para pemberontak serta teroris yang sangat meresahkan warga Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News