Bamsoet Ajak Masyarakat Bantu Pelestarian Satwa

Bamsoet Ajak Masyarakat Bantu Pelestarian Satwa
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat mengujungi Agus pemilik Lembang Park and Zoo di Bandung, Jawa Barat, Minggu (17/10). Foto: dok MPR RI

jpnn.com, BANDUNG - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak masyarakat mendukung pelestarian satwa di Indonesia.

Salah satu caranya dengan bantuan sosial yang bisa diberikan kepada hewan di lembaga konservasi. Mulai dari dana, makanan daging mentah, buah, dan menjadi orang tua asuh.

"Pelestarian satwa di Indonesia harus mendapat dukungan dari semua pihak," ujar Bamsoet-panggilan akrab Bambang Soesatyo- saat mengujungi Agus pemilik Lembang Park and Zoo di Bandung, Jawa Barat, Minggu (17/10).

Lokasi kebun binatang itu berada didataran yang dikelilingi oleh perbukitan hijau.
Sehingga udaranya sejuk dengan Arsitektur bangunan dibuat dengan gaya eropa yang instagenic dan banyak spot berfotonya.

Bamsoet menuturkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat saat ini ada 81 lembaga konservasi seperti kebun binatang, taman satwa dan taman safari yang mendapat izin dari KLHK.

Pengelolaannya mulai dari Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah maupun Badan Usaha Milik Swasta.

"Setidaknya jumlah koleksi satwa yang ada di 81 lembaga konservasi tersebut lebih dari 66.800 satwa. Baik karnivora, herbivora, burung ataupun ikan," tuturnya.

Pandemi Covid-19, kata dia, sangat berdampak terhadap operasional lembaga konservasi, sehingga berpengaruh besar terhadap berkurangnya ketersediaan makanan dan obat-obatan satwa di lembaga konservasi.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ini menambahkan, masyarakat juga bisa terlibat langsung dalam pelestarian satwa melalui kegiatan penangkaran.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak masyarakat mendukung pelestarian satwa di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News