Bamsoet Ajak Negara ASEAN Caro Solusi Krisis Myanmar

Bamsoet Ajak Negara ASEAN Caro Solusi Krisis Myanmar
Bambang Soesatyo (kanan). Foto: DPR

jpnn.com, SINGAPURA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo kembali menegaskan sikap Indonesia yang meminta krisis kemanusiaan di Myanmar diselesaikan secara baik.

"Saya mengajak negara-negara yang tergabung di ASEAN untuk mau membantu mencari jalan keluar terbaik bagi krisis kemanusiaan di Myanmar. Apabila permasalahan ini tidak segera diselesaikan, dikhawatirkan akan menggangu masa depan ASEAN sebagai kawasan ekonomi yang stabil, damai dan terbuka," ujar Bamsoet saat bertemu Presiden Singapura Halimah Yacob dan para ketua parlemen yang tergabung dalam ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) di Istana Kepresidenan Singapura, Rabu (5/9).

Mantan ketua Komisi III DPR RI ini menuturkan, dalam pertemuan tersebut Halimah Yacob meminta anggota AIPA selalu kompak dan kritis terhadap beragam persoalan yang terjadi di kawasan ASEAN. Halimah juga berharap kerja sama di kawasan bisa ditingkatkan lagi.

"Negara-negara AIPA diharapkan bisa meningkatkan peran dan kerja sama di forum-forum global. Pertemuan antardelegasi parlemen AIPA harus sering dilakukan untuk menciptakan kerja sama yang solid," kata Bamsoet.

Ketua Badan Bela Negara FKPPI ini memaparkan, permasalahan terorisme juga disinggung dalam pertemuan itu.

Ketua Parlemen AIPA sepakat permasalah terorisme menjadi musuh bersama. Sebab, serangan teroris bisa terjadi kapan saja dan di negara mana pun.

"DPR RI berharap kerja sama antara negara anggota AIPA dalam penanganan terorisme harus lebih ditingkatkan lagi. Terorisme saat ini menjadi ancaman yang nyata bagi semua negara di dunia tanpa terkecuali," tegas Bamsoet.

Bamsoet mengingatkan, saat ini telah terjadi perubahan pola operasi terorisme. Para teroris sudah tak segan mengajak dan melibatkan keluarga sendiri dalam melakukan aksinya.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo kembali menegaskan sikap Indonesia yang meminta krisis kemanusiaan di Myanmar diselesaikan secara baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News