Bamsoet Ajak Pengurus FSAB Tebarkan Semangat Perdamaian

Bamsoet Ajak Pengurus FSAB Tebarkan Semangat Perdamaian
Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung perjalanan Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB) yang memasuki usia ke-20 tahun. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung perjalanan Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB) yang memasuki usia ke-20 tahun.

Forum itu disebut sebagai gerakan moral yang terus menyebarkan benih perdamaian ke berbagai penjuru tanah air.

Pria yang disapa Bamsoet itu menyebut FSAB terdiri dari anak cucu anggota TNI seperti Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI), Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI), Perjuangan Rakyat Semesta (PERMESTA), dan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII).

"FSAB telah menjadi landasan bagi Indonesia bahwa konflik yang terjadi di masa lalu tidak boleh diwariskan ke generasi selanjutnya. Cukup dijadikan pelajaran penting agar tidak terulang di kemudian hari," ujar Bamsoet seusai menerima pengurus Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB), di Jakarta, Rabu (7/6/23).

Bamsoet menambahka FSAB juga menunjukan bahwa benih-benih konflik antaranak bangsa sebenarnya bisa diredam dan diselesaikan.

Kuncinya, semua pihak mau bersikap terbuka dan membangun dialog untuk menciptakan saling kesepahaman.

Turut hadir antara lain, Ketua FSAB Suryo Susilo, Mayang Deborah (cucu Pahlawan Revolusi D.I. Pandjaitan), Bara Wiryawan (cucu Tokoh Sastrawan Pujangga Baru, Sanoesi Pane), Nina Pane (Novelis, penulis buku FSAB: The Children of War).

Ketua DPR RI ke-20 ini juga mengajak FSAB agar tidak hanya menyetop konflik warisan masa lalu, melainkan juga terlibat dalam membendung berbagai potensi konflik yang terjadi hari ini, agar tidak membesar di esok hari.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung perjalanan Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB) yang memasuki usia ke-20 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News