Bamsoet Ajak Semua Pihak Tumbuhan UMKM Indonesia

Bamsoet Ajak Semua Pihak Tumbuhan UMKM Indonesia
Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengajak semua pihak untuk memajukan UMKM Indonesia. Foto: Dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengajak semua pihak untuk memajukan UMKM Indonesia.

Dia mengatakan UMKM harus didorong memanfaatkan digitalisasi dalam memperluas jangkauan pasar, bahkan hingga di tingkat global.

"Kita patut bersyukur bahwa pertumbuhan UMKM yang sudah go digital jumlahnya semakin meningkat. Hingga Maret 2023 sudah mencapai 21,8 juta, dan diharapkan terus tumbuh hingga mencapai 24 juta pada akhir tahun 2023," jelas Bamsoet.

Hal itu disampaikan Bamsoet saat menjadi keynote speech dalam Seminar Nasional dan Pelantikan BAKASTRA BP HIPMI, di Gedung Nusantara IV MPR RI/DPR RI/DPD RI, Jakarta, Jumat (14/7/23).

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan mewujudkan pemerataan akses digital bagi pelaku UMKM juga masih menyisakan persoalan. Dengan jumlah UMKM yang diperkirakan mencapai 65,4 juta unit, artinya masih ada lebih dari 40 juta UMKM yang belum terintegrasi dalam ekosistem digital.

"Jika dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya, tingkat literasi digital Indonesia juga masih rendah, yaitu sebesar 62 persen. Sedangkan rata-rata tingkat literasi digital negara-negara ASEAN sudah mencapai 70 persen," terang Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan saat ini pertumbuhan kredit sektor UMKM terus berkembang, mencapai 8,63 persen per Maret 2023. Terutama karena ditopang realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang hingga 31 Maret 2023 tercatat sebesar Rp 30,31 triliun.

"Kondisi likuiditas pun berada pada level yang memadai, sehingga dapat menopang ketersediaan dana perbankan untuk penyaluran kredit bagi dunia usaha termasuk UMKM," jelas Bamsoet.

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengajak semua pihak untuk memajukan UMKM Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News