Bamsoet Apresiasi Buku Pearl Harbor Hiroshima Nagasaki Kepolisian Negara RI Karya Komjen (Purn) Arif Wachjunadi

Bamsoet Apresiasi Buku Pearl Harbor Hiroshima Nagasaki Kepolisian Negara RI Karya Komjen (Purn) Arif Wachjunadi
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong para generasi muda yang ingin mengabdikan diri menjadi polisi untuk terlebih dahulu membaca buku 'Pearl Harbor Hiroshima Nagasaki Kepolisian Negara RI karya Komjen (Purn) Arif Wachjunadi.Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong para generasi muda yang ingin mengabdikan diri menjadi polisi untuk terlebih dahulu membaca buku 'Pearl Harbor Hiroshima Nagasaki Kepolisian Negara RI karya Komjen (Purn) Arif Wachjunadi.

Buku tersebut mengungkap latar belakang dan kisah kelahiran Polri, serta memuat perjalanan Korps Bhayangkara dari masa ke masa, bahkan sejak Indonesia berada dalam pusaran perang pasifik ketika berkobarnya Perang Dunia II.

"Mendalami buku tersebut, kita bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai awal mula kelahiran Polri, yang ternyata cikal bakalnya sudah ada sejak masa sebelum kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Apabila dirunut, bahkan dimulai dari sejarah penyerangan pangkalan laut Amerika Serikat, Pearl Harbor, oleh Jepang pada 7 Desember 1941,” kata Bamsoet usai menerima Komjen (Purn) Arif Wachjunadi di Jakarta, Senin (19/4).

Ketua ke-20 DPR RI itu mengatakanpengetahuan tentang sejarah Polri sangat penting untuk dipahami oleh seluruh personel kepolisian.

“Tidak tidak berlebihan kiranya apabila saya menilai buku ini sebagai salah satu bacaan wajib bagi siswa yang sedang menempuh pendidikan untuk menjadi polisi," ujar Bamsoet

Dia menjelaskan sosok Komjen (Purn) Arif Wachjunadi sudah lama terkenal sebagai salah satu jenderal intelektual terbaik yang dimiliki Polri.

Tidak heran bila selama berkarier di kepolisian, berbagai jabatan pernah diembannya.

Antara lain Analisis Kebijakan Utama Bidang Kurikulum Lemdiklat Polri (2018), Sekretaris Utama Lemhanas (2016), Asrena Kapolri (2015), Asops Kapolri (2013), Kapolda Bali (2012), Sahlisospol Kapolri (2012), dan Kapolda NTB (2009).

Bamsoet mendorong generasi muda yang ingin mengabdikan diri menjadi polisi terlebih dahulu membaca buku 'Pearl Harbor Hiroshima Nagasaki Kepolisian Negara RI karya Komjen (Purn) Arif Wachjunadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News