Bamsoet: Curahan Hati Fredi Budiman Sudah Terkonfirmasi

Bamsoet: Curahan Hati Fredi Budiman Sudah Terkonfirmasi
Tereksekusi mati kasus narkoba, Fredi Budiman. FOTO: Dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo berharap institusi Polri, TNI dan BNN melihat sisi positif curahan hati terpidana mati Fredi Budiman yang diungkap Koordinator KontraS Haris Azhar tentang keteribatan oknum aparat dalam penyelundupan, perdagangan dan peredaran narkoba.

Apalagi, kata politikus yang akrab disapa Bamsoet, mantan Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Benny Mamoto, pun mengakui bahwa keterlibatan aparat dalam peredaran narkoba bukan lagi isu baru. Di sisi lain, hak TNI, Polri dan BNN melaporkan Haris Azhar tetap harus dihormati.  

"Bagi TNI, Polri, dan BNN, jelas ada sisi positif dari curhat Fredi yang diungkap KontraS. Penuturan Fredi itu setidaknya menjadi alasan sekaligus pintu masuk bagi langkah-langkah pembersihan secara sistematis," kata Bamsoet di Jakarta, Rabu (10/8).

Apalagi, lanjutnya, muatan curhat Fredi terkonfirmasi oleh pernyataan Benny Mamoto pekan lalu, yang menyebut sudah banyak pejabat negara dan penegak hukum yang dihukum lantaran terbukti membekingi bandar narkoba, bertindak sebagai pengedar, maupun pemakai narkoba.

Selain pernyataan Benny itu, ada juga beberapa fakta historis yang membuktikan keterlibatan oknum aparat dalam sejumlah kasus kejahatan narkoba. Misalnya, pada Maret 2011, BNN menangkap Kepala LP Narkotika Nusakambangan, Marwan Adli dan sejumlah anak buahnya atas tuduhan memfasilitasi operasi jaringan narkoba di dalam penjara.

Kemudian, pada April 2016, BNN pun menangkap Kepala Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan, Ajun Komisaris Ichwan Lubis di Medan, atas dugaan tindak pidana pencucian uang. Ichwan diduga menerima uang Rp 10,3 miliar dari Togi alias Toni, bandar narkoba jaringan internasional yang diciduk dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Pakam.

Karena itu, institusi TNI, Polri dan BNN, harus melihat sisi positif "wasiat" Fredi, terutama untuk membersihkan ketiga lingkungan penegak hukum tersebut dari sel-sel sindikat narkotika. Apalagi Presiden Joko Widodo telah melancarkan perang total terhadap pelaku kejahatan narkoba.

"Perang ini akan efektif dan membuahkan hasil jika semua institusi negara bersih dari sel-sel sindikat narkotika," pungkasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo berharap institusi Polri, TNI dan BNN melihat sisi positif curahan hati terpidana mati Fredi Budiman


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News