Bamsoet Dorong Penerimaan Negara dari Cukai Hasil Tembakau Meningkat Tahun Ini

Bamsoet Dorong Penerimaan Negara dari Cukai Hasil Tembakau Meningkat Tahun Ini
Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet saat mengunjungi Pabrik Rokok Mitra Sampoerna PT Mitra Karya Tri Utama di Purbalingga, Rabu (31/1). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, PURBALINGGA - Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap pendapatan negara dari cukai hasil tembakau mengalami kenaikan pada tahun ini.

Waketum Partai Golkar yang akrab disapa Bamsoet itu menyampaikan pemerintah sendiri menargetkan pendapatan negara dari cukai hasil tembakau sebesar Rp 230,4 triliun pada APBN 2024.

"Realisasi penerimaan negara dari cukai hasil tembakau di tahun 2023 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya," kata Bamsoet saat mengunjungi Pabrik Rokok Mitra Sampoerna PT Mitra Karya Tri Utama di Purbalingga, Rabu (31/1).

Bamsoet menyebutkan Kementerian Keuangan mencatat periode 1 Januari hingga 12 Desember 2023, penerimaan cukai hasil tembakau sebesar Rp 188,9 triliun.

"Jumlah tersebut turun 3,7 persen dibandingkan periode yang sama setahun sebelumnya (year on year)," sebutnya.

Bamsoet pun mendorong PT Karya Tri Utama sebagai mitra produksi sigaret dari PT HM Sampoerna bisa memberikan kontribusi positif bagi penerimaan negara dari cukai hasil tembakau.

Produk yang dibuat oleh PT Mitra Karya Tri Utama, yaitu brand Dji Sam Soe Super Premium dan Sampoerna Kretek dengan pemasaran wilayah Jawa dan Sumatra.

PT Mitra Karya Tri Utama berdiri 2005 dengan prodak awal brand Sampoerna Kretek.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendorong penerimaan negara dari cukai hasil tembakau meningkat tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News